Kementan turun ke Probolinggo untuk gerakan tanam padi PAT

Estimated read time 2 min read

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) – Balai Besar Penanggulangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) dibawah Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Gerakan Tanam Padi-Pertanian Alami Terpadu (PAT) dengan Pompa di Desa Asembagus, Jawa Timur datang ke Kabupaten Probolinggo. negara. , Rabu.

Juris Tiyanto, Kepala BBPOPT Kementan, Yahyadi, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Faiq El Himmah, Kepala Dinas Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian, serta jajaran Kodim turut serta dalam acara ini. 0820/Petani Kelompok Tani Probolinggo dan Sinar Harapan 2 Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan.

Yahyadi, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo mengatakan, “Luas tanam PAT Kabupaten Probolinggo melebihi target 1.735 hektare, dan kini mencapai 1.795 hektare.”

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah mendukung program PAT di Kabupaten Probolinggo, dimana target PAT telah terlampaui.

Ia mengajak semua pihak, termasuk para petani, untuk mendukung program PAT Kementan untuk tanam serentak di Kabupaten Probolinggo.

Alhamdulillah Kabupaten Probolinggo mendukung apa yang diinginkan pemerintah pusat khususnya di dunia pertanian, ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya dukungan dan pelatihan yang diberikan Kementerian Pertanian dalam program PAT untuk memastikan keberhasilan tidak hanya dalam melakukan penambahan areal tanam tetapi juga pada tahap panen untuk memastikan hasil yang optimal.

Kepala BBPOPT Kementerian Pertanian Juris Tiyanto mengatakan, pompa merupakan bagian penting dalam upaya pengembangan pertanian di Kabupaten Probolinggo.

Langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat petani dan mendorong produksi pangan, sehingga produksi pangan meningkat dan Indonesia tidak perlu lagi mengimpor pangan dari luar negeri, ujarnya.

Kementerian Pertanian telah mendistribusikan 110 pompa aksial dan 11 pompa air permukaan untuk mendukung program ini di Kabupaten Probolinggo, yang akan diberikan kepada kelompok tani yang membutuhkan dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas lahan pertaniannya.

Kabupaten Probolinggo juga mendapat dukungan pestisida untuk pengendalian hama yang diharapkan dapat mengoptimalkan hasil panen. Sebagai bentuk apresiasi, Kementerian Pertanian juga berencana memberikan hadiah kepada tiga kabupaten teratas yang mencapai target penanaman pada akhir September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours