Drum band – Panpel pastikan jaminan kesehatan atlet yang bertanding

Estimated read time 2 min read

Deli Serdang (ANTARA) – Panitia Penyelenggara (Panpel) Pertandingan Olahraga Drum Band Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 menjamin kesehatan para atlet berkat kerja sama banyak pihak mulai dari dokter hingga pemerintah setempat.

“(Kerjasama) ini sudah ada nota kesepahaman yang kita komunikasikan, kedua pemerintah terlibat, khususnya PPPON yang sudah memproduksi semua peralatan dan perbekalan (kesehatan),” kata Ketua Panel Nirwana Agus Saputradi dalam pertemuan di Deli Serdang, Sade Utara. Sumatera lalu. , Senin.

Selain itu, tambahnya, panitia di lapangan siap membantu tim medis mengoptimalkan perawatan bagi pemain yang membutuhkan.

Selama dua hari perlombaan, beberapa penabuh genderang pingsan atau terjatuh setelah menyentuh garis finis. Menurut Nirwana, atlet yang pingsan atau terjatuh mayoritas adalah mereka yang mengalami kram, ketegangan otot, atau sakit perut.

“Biasanya kalau bertanding hanya kram, lalu otot terasa tegang, sebut saja sakit perut,” ujarnya.

Kendati demikian, Nirvana meyakinkan para pemainnya bahwa mereka mendapat perawatan maksimal dari dokter berkualitas.

“Syukurnya dikelola oleh dokter yang berkualitas, mempunyai kredibilitas sebagai dokter,” ujarnya.

Sebelumnya, Pelatih Drumband Provinsi Sumut Novi Hardianto bereaksi terhadap permasalahan banyaknya atlet yang terjatuh, terutama saat mencapai garis finis. Menurut Novi, tim kesehatan di lokasi langsung mengevakuasi para pemain yang tidak sadarkan diri tersebut.

Ia kemudian mengatakan bahwa beberapa pemain sempat pingsan karena kondisi kesehatannya yang kurang baik. Dia mencontohkan seorang atlet drum band putri di Sumut yang pingsan karena sedang menstruasi.

“Ngomong-ngomong, kemarin ada salah satu pemain kita yang mengalami gangguan (menstruasi). Kemarin hari pertama gangguan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours