Momentum HUT Ke-79 RI Bisa Jadi Ajang Wujudkan Merdeka Digital

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Momentum Indonesia pada tahun 1979 dapat dimaknai dengan banyak hal, salah satunya adalah tumbuhnya rasa nasionalisme di ranah digital.

CEO PT Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber) mengatakan: “Iya, kemerdekaan bisa diartikan dengan banyak hal, salah satunya adalah kemandirian digital yang bukan hanya sekedar jargon tapi sebuah keharusan bagi kedaulatan dan kemajuan negara. Jumat (16/8/2024).

Dalam konteks dunia yang semakin digital saat ini, ia meyakini bahwa kedaulatan suatu negara tidak lagi hanya bergantung pada kekuatan militernya, namun juga pada penguasaan teknologi dan keamanan.

“Inilah pentingnya kemandirian digital, sebuah konsep yang mencakup teknologi digital untuk anak bangsa, keamanan siber yang kuat, dan kebebasan dari pengaruh luar terhadap teknologi,” ujarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, ia berjanji akan berperan penting dalam mencapai kebebasan digital Indonesia. Fokus pada pengembangan produk dan layanan keamanan jaringan yang memenuhi standar tingkat domain lokal (TKDN).

Menurutnya, perusahaannya dibangun dengan semangat inovasi dan kolaborasi karena ia menyadari bahwa kemandirian digital tidak dapat tercapai tanpa dukungan penuh dari seluruh organisasi baik pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat luas.

Sebagai produsen teknologi informasi dan keamanan Internet, Jonathon mengatakan seluruh layanan yang dijalankan perusahaannya tidak hanya memenuhi kebutuhan keamanan Internet tetapi juga menunjukkan kebanggaan atas kiprahnya sebagai anak bangsa.

“Kami selalu memastikan bahwa seluruh solusi yang kami berikan mampu bersaing di pasar global dengan tetap menjaga standar independensi dan kedaulatan teknologi,” ujarnya.

Sebab, masyarakat paham bahwa Merdeka Digital bukan hanya soal pengajaran teknologi, tapi juga pembinaan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era digital. Oleh karena itu, dalam konteks penggunaan penguatan teknis penuh, kelompok juga menawarkan kesempatan pelatihan.

“Kami juga memberikan pelatihan dan pendidikan kepada generasi baru agar siap menjadi tulang punggung kemajuan Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Jonathan mengatakan Indonesia harus menyadari bahwa di balik segala ancaman siber terdapat peluang untuk memperkuat pertahanan dalam negeri. Karena dengan semangat kerjasama dan inovasi, Indonesia akan menjadi negara yang kuat, bukan sekedar pasar.

Oleh karena itu, dorongan perayaan HUT ke-79 berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan memperkuat teknologi informasi untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang kuat dan mandiri.

“Membangun momentum 79 tahun kemerdekaan, mari kita maju menuju kemandirian yang sehat, kemandirian dalam lingkungan digital. Mari kita wujudkan kemandirian digital dengan karya kebanggaan anak bangsa untuk mencapai pembangunan, keamanan, dan kesejahteraan yang lebih besar.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours