Ibu kota Pakistan laporkan kasus polio pertama dalam 16 tahun

Estimated read time 2 min read

ISLAMABAD (ANTARA) – Kasus polio pertama dalam 16 tahun dilaporkan di ibu kota Pakistan, Islamabad, sehingga jumlah total kasus di negara itu tahun ini menjadi 17.

Program Pemberantasan Polio Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa korbannya adalah seorang anak laki-laki berusia delapan tahun dari Union Council Rural 4 di Islamabad.

“Ini adalah kasus manusia pertama yang tercatat di Islamabad dalam 16 tahun, sementara sampel lingkungan dari ibu kota federal dan distrik tetangga Rawalpindi positif mengidap WPV1 sejak Juni, yang menggarisbawahi ancaman polio terhadap kesejahteraan anak-anak,” katanya .” ,

Negara Asia Selatan ini telah mengonfirmasi 17 kasus pada tahun ini, termasuk 12 kasus di provinsi barat daya Balochistan. Tiga kasus dilaporkan di provinsi selatan Sindh, satu di Punjab dan satu di Islamabad.

Enam kasus dilaporkan di Pakistan pada tahun 2023 dan 20 kasus pada tahun 2022.

Kementerian Kesehatan Pakistan telah memutuskan untuk meluncurkan kampanye untuk memvaksinasi 33 juta anak di bawah usia lima tahun di 115 distrik di negara itu mulai tanggal 9 hingga 13 September.

“Sangat menyenangkan melihat anak-anak lain di Pakistan menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah dengan vaksin yang tersedia,” kata Ayesha Raza Farooq, staf utama pemberantasan polio perdana menteri.

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio yang biasanya menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Penyakit ini mempengaruhi sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

Kampanye polio di Pakistan juga sering kali ditanggapi dengan kekerasan. Militan sering kali menargetkan kelompok polio dan polisi yang ditugaskan untuk melindungi mereka.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours