Mengenal Jurusan Ototronik, Prospek Kerjanya Menjanjikan di Industri Otomotif

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan akan tenaga kerja di industri elektronik dan otomotif pun semakin meningkat. Untuk menjawab tantangan tersebut, pendidikan vokasi khususnya di sekolah kejuruan memiliki program autotronik.

Mata kuliah ini merupakan sebuah inovasi dalam dunia pendidikan yang fokus pada pengajaran keterampilan otomotif dan elektronika.

Baca juga: 7 Rekomendasi Pembangunan Universitas dari Jakarta hingga Pekanbaru

Di dalamnya, siswa akan mempelajari banyak aspek elektronik dan mekanik otomotif. Mereka diajarkan untuk memahami teknologi terkini yang digunakan pada mobil modern yang sebagian besar dilengkapi dengan sistem elektronik canggih seperti engine control unit (ECU), sistem rem (ABS), dengan teknologi hybrid atau elektrik.

Salah satu SMK yang memberikan keterampilan autotronik adalah SMKN 5 Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca juga: SMK Wiskar Kudus Punya 2 Kantor Pelayaran, Bagus Sekali

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Minggu (15/9/2024), Waluyo, guru keterampilan autotronik SMKN 5 Sukoharjo, mengatakan lulusan program ini memiliki banyak peluang kerja di industri otomotif. Berikut beberapa peluang karir di program autotronik.

Program Keterampilan Autotronics di SMK membuka karir yang luas dan bermanfaat di industri otomotif. Dengan keahlian di bidang industri otomotif dan elektronik, lulusan program ini siap menghadapi tantangan penggunaan otomotif modern.

3 Pekerjaan Hebat untuk Autotronics1. Dokter diagnostik mobil

Lulusan Autotronics dapat mendiagnosis masalah mobil dengan menggunakan alat scan untuk menemukan masalah pada mobil. Ahli diagnosa ini menangani berbagai masalah teknis pada sistem kelistrikan dan elektronik mobil.

Baca juga: 10 Sekolah Karier Hebat yang Bekerja di Perusahaan Besar dan Punya Gaji Tinggi, Masa Depan Cerah

Kemampuan ini sangat penting dalam industri otomotif saat ini, yang banyak menggunakan sistem komputer kompleks untuk mendukung pengoperasian kendaraan. Di SMKN 5 Sukoharjo, siswa juga dilatih untuk mengidentifikasi kontrol dasar menggunakan program Arduino untuk berbagai sistem.

2. Dokter otomotif

Salah satu jalur karir yang paling umum bagi lulusan autotronik adalah menjadi teknisi otomotif, yang berfokus pada perbaikan dan pemeliharaan kendaraan listrik. Dengan Project Based Learning (PBL) di SMK, siswa sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi teknisi atau mekanik. Waluyo menjelaskan, di SMKN 5 Sukoharjo, siswa dibekali kemampuan memeriksa dan memperbaiki mobil tua, mobil dengan sistem kendali mesin, sepeda motor, mobil listrik dan lain sebagainya.

3. Workshop Kewirausahaan Otomotif Bagi lulusan otomotif yang ingin membuat bengkel sendiri, peluang untuk berwirausaha terbuka lebar. Dengan semakin banyaknya kendaraan yang menggunakan sistem elektronik canggih, terdapat kebutuhan mendesak akan pelatihan yang berfokus pada perbaikan dan pemeliharaan sistem elektronik.

Memulai bengkel yang khusus menangani teknologi mobil bekas bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, terutama di daerah yang pertumbuhan jumlah mobilnya pesat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours