Profil dan Biodata RA Yashinta Sekarwangi, Anggota DPD Darah Biru Keraton Yogyakarta

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – RA Profile dan Bio Data Yashinta Sekarwangi resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Yashinta merupakan putri sulung politikus Partai Demokrat Indonesia (PDIP) Aria Bima dan R Ay L Karthika Primerthanti.

Yashinta merupakan anggota DPD termuda di daerah pemilihan DIY. Ia memperoleh suara terbanyak kedua setelah GKR Hemas, istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buono (HB).

Profil RA Yashinta Sekarwangi Wanita berusia 28 tahun ini merupakan Kanga (putri) Sri Sultana HB VIII dari marga ibunya Raden Ayu Kartika Primerthanti. Nama Yashinta sangat populer di masyarakat Yogyakarta.

Yashina tumbuh dalam lingkungan keluarga di Keraton Yogyakarta yang erat kaitannya dengan nilai-nilai budaya dan pekerjaan sosial. Dari segi pendidikan formal, Yashinta bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMA) di Binus International School Simprag (2012-2014). Ia kemudian berhasil masuk fakultas di Universitas Gađa Mada (UGM) pada program studi hubungan internasional (2014-2018). Kembali melanjutkan pendidikannya, Yashinta sedang menempuh program magister Ilmu Komunikasi (2021-2023) di Universitas Indonesia.

Semasa kuliah, Yashinta aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial. Semasa bersekolah di Binus International School Simprug, beliau turut serta sebagai guru dalam kegiatan pendidikan bagi anak-anak miskin. Setelah itu (2020-2022) melanjutkan kegiatan serupa sebagai guru dan pendamping anak melalui organisasi Wahana VC Indonesia dan Story of Love.

Tidak hanya aktif dalam kegiatan mengajar. Yashinta diakui sebagai anggota organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) pada tahun 2014 dan juga pernah menjabat sebagai pengurus di Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada tahun 2015-2016. Keluarga Alumni Hubungan Internasional UGM Yogyakarta (KAHIGAMA) 2022-sekarang.

Setelah berhasil lulus S1 pada tahun 2018, Yashinta tak langsung mencalonkan diri sebagai calon legislatif. Ia bekerja sebagai pegawai kontrak di Kementerian Perdagangan (Kemendag) selama 3,5 tahun. Saat masih kuliah, ia juga mengikuti program magang di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan kemudian menjadi asisten di almamaternya, UGM.

Ternyata bakat sebagai politisi berasal dari kedua orang tuanya dan diwariskan kepada Yashinto. Ia resmi mendaftar pada 13 Mei 2023 sebagai calon DPD daerah pemilihan DIY masa jabatan 2024-2029.

Yashinta menganut dua gagasan pertarungan. Pertama, tentang pemenuhan hak-hak dasar yang setara seperti kesejahteraan, keselamatan, dan pendidikan. Kedua, potensi daerah serta percepatan dan pengembangan sumber daya manusia generasi muda. Ia bersedia memprioritaskan pemuda, ibu, anak, dan perempuan dalam pengabdian politiknya untuk Yogyakarta.

Program kerja yang didasarkan pada pengalaman, visi dan tujuan yang tidak sembarangan, komitmen dan sebagainya yang terstruktur. Yashinta berhasil meyakinkan masyarakat Yogyakarta untuk duduk di DPD mewakili DIY.

Nama Bio Data RA Yashinta Sekarwangi : RA Yashinta Sekarwangi Mega

Tanggal lahir : 25 Agustus 1996

Usia: 28 tahun

Pekerjaan: Politisi

Suami: Muhammad Raihan Zaki

Ayah : Yohannes Aria Bima Trihastoto

Ibu : RAL Karthika Primeartanti

Saudari: Ignacia Sukma Putri, Patricia Arstuti Pramesti Putri

Almamater : Hubungan Internasional UGM (S1), Ilmu Komunikasi UI (S2)

MG/ Tiara Fitrianti Siregar

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours