KAI Daop 1 rutin cek jalur KA guna tingkatkan keamanan perjalanan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta secara rutin melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan jalur kereta api di wilayah kerjanya untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

Manajer Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendrivintoko dalam keterangan tertulisnya, Rabu, menjelaskan, PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya menciptakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat melalui keandalan sarana dan prasarana kereta api.

Berdasarkan tabel perjalanan kereta api (Gapeka) tahun 2023, terdapat 1.524 perjalanan kereta api harian pada rute di kawasan Daop 1 Jakarta.

Panjang lintasannya adalah 832.955 meter

Yang meliputi Stasiun Tanjung Priok di utara, Stasiun Merak di barat, Stasiun Sukabum di selatan, dan Stasiun Chikampek di timur.

Pemeliharaan dan pemeriksaan sarana dan prasarana perkeretaapian dilakukan secara berkala, antara lain dua kali dalam seminggu pada hari Rabu dan Kamis.

Ixfan menjelaskan, temuan terkait kondisi infrastruktur yang kurang memadai segera ditindaklanjuti. Pemeriksaan ini dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan truk forklift.

Selain mengecek kondisi jalur kereta, tim juga melakukan pemetaan persimpangan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya berada di jalur kereta.

Hari ini juga dilakukan jalan kaki antara Stasiun Universitas Pancasila dan Stasiun Depok, kata Ixfan.

Ixfan menegaskan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi kondisi lintasan, bantalan, jembatan, serta kemungkinan gangguan seperti pohon tumbang. Jika terdeteksi, tim akan segera melakukan penebangan pohon atau tindakan lain yang diperlukan.

Ixfan juga mengimbau masyarakat yang berada di sekitar jalur kereta api untuk membantu menjaga kebersihan dan keamanan jalur.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours