Profil Universitas Tripoli Lebanon yang Mulai Ditinggalkan Mahasiswa Indonesia akibat Invasi Israel

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Universitas Tripoli di Lebanon menjadi salah satu kampus tempat beberapa mahasiswa Indonesia menuntut ilmu. Namun, setelah Israel melancarkan serangan darat ke Beirut, banyak pelajar yang meninggalkan zona konflik.

Pada 29 September 2024, Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, sejak KBRI Beirut menetapkan status 1 untuk seluruh Lebanon, pemerintah telah memfasilitasi 25 kali evakuasi. . negara

Baca Juga: 5 Fakta Invasi Darat Israel ke Lebanon yang Berakhir Aib dan Tewasnya 1 Tentara Zionis

Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, mayoritas warga negara Indonesia (WNI) di Lebanon memutuskan untuk tetap tinggal, meski pertempuran antara Israel dan milisi Hizbullah meningkat.

Profil Universitas Tripoli, Lebanon

Menurut situs resminya, Lebanon University of Tripoli adalah universitas swasta Lebanon yang didirikan oleh Asosiasi Reformasi Islam pada tahun 1403 atau 1982 di Tripoli.

Pada bulan Juli 2024, delegasi yang dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk Republik Lebanon Hajrianto Y. Tohari dari KBRI Beirut mengunjungi kampus Universitas Tripoli untuk menyelesaikan rancangan Perjanjian Kerja Sama Pendidikan antar Universitas. Tripoli dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Baca Juga: Perang Dimulai, 25 WNI Dievakuasi dari Lebanon

Inisiatif kerjasama bidang pendidikan antara University of Tripoli dan UIII telah diluncurkan pada bulan Oktober 2023 melalui Zoom Meeting yang didukung oleh Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Beirut.

Dihadapan Rektor Universitas Tripoli beserta jajarannya, Dubes RI menyampaikan bahwa KBRI Beirut siap membantu Universitas Tripoli untuk menyelesaikan rancangan Perjanjian dan akan mengkomunikasikannya dengan UIII.

Baca Juga: 7 Pemimpin Hizbullah Dibunuh Israel, Mulai dari Komandan Lapangan hingga Petinggi

Rektor Universitas Tripoli, Prof. Rifaat Mikati mengucapkan terima kasih kepada KBRI Beirut dan bangga dapat bekerja sama dengan KBRI Beirut.

Universitas ini menawarkan program sarjana, pascasarjana dan pascasarjana. Di bawah ini daftar fakultas dan program studi yang ditawarkan oleh University of Tripoli:

1. Fakultas Syariah dan Ilmu Pengetahuan Islam

– Departemen Syariat Islam

– Jurusan Studi Islam

2. Fakultas Administrasi Bisnis

– Departemen Administrasi Bisnis

– Jurusan Akuntansi

– Departemen Manajemen Teknologi Informasi

– Departemen pemasaran

3. Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Humaniora

– Departemen Penerjemahan

– Jurusan Bahasa Arab

– Jurusan Sastra Arab

– Departemen Filsafat

– Departemen Sejarah dan Kebudayaan

– Departemen Psikologi

Selain ketiga fakultas tersebut, terdapat Fakultas Ilmu Pendidikan yang relatif baru.

Demikianlah profil singkat Tripoli University di Lebanon yang merupakan salah satu tempat mahasiswa Indonesia belajar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia SINDOnews.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours