YouTube Memperpanjang Durasi Video Shorts hingga 3 Menit

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Batas maksimal celana pendek akan bertambah menjadi tiga menit atau meningkat 60 persen dari batasan yang berlaku saat ini. Perubahan ini berlaku untuk semua jalur persegi atau vertikal, namun tidak memengaruhi konten yang dibuat sebelum tanggal ini.

Pembaruan ini mengikuti permintaan berulang kali dari penulis, yang telah berjuang sejak lama untuk mengembangkan lebih banyak dan lebih beragam.

The Jerusalem Post melaporkan pada Sabtu (5/10/2024) bahwa rencana ekspansi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan YouTube untuk tetap kompetitif dengan platform seperti TikTok yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

TikTok yang awalnya membatasi video berdurasi 15 detik, kini mengizinkan video berdurasi hingga 10 menit. Langkah YouTube ini menandakan niatnya untuk tetap menghadapi persaingan yang semakin ketat, terutama dari TikTok yang berhasil menarik penonton usia muda.

Durasi video yang lebih panjang memberikan lebih banyak ruang bagi pembuat konten untuk bercerita dan berinteraksi lebih dalam dengan pemirsa. YouTube juga mengatakan akan meningkatkan algoritma rekomendasinya, menjanjikan saran yang lebih akurat dan tepat sasaran untuk video yang lebih pendek dan lebih panjang.

Dengan ekstensi ini, YouTube merilis beberapa pembaruan pada platform pendeknya, termasuk perubahan pada alat dan pemutar video. Tindakan tombol akan menjadi lebih sederhana, dan komentar di pemutar video akan lebih mudah. Pembaruan desain ini bertujuan untuk membuat pengalaman pengguna lebih lancar dan intuitif.

Salah satu fitur baru yang akan segera diperkenalkan oleh YouTube adalah kemampuan bagi pembuat konten untuk “menggunakan konten dari video YouTube apa pun langsung dari rol kamera”. Hal ini memungkinkan pembuat konten untuk menggabungkan klip dari visual dan musik yang ada untuk membuat video yang dicampur dengan konten asli. Fitur ini menandai langkah lain menuju peningkatan kreativitas di platform, memungkinkan konten populer dibentuk oleh gaya unik pembuatnya.

Pembaruan ini juga akan memperkenalkan templat untuk membantu pembuat konten merespons dengan cepat topik yang sedang tren atau musik populer. Model-model ini memungkinkan pembuat konten untuk secara efektif mengadaptasi konten mereka dan merespons peristiwa atau tren yang muncul secara real-time.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours