Pimpinan definitif DPRD DKI diumumkan pekan depan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Anggota lengkap DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 akan diumumkan dalam rapat umum pada 17 September 2024 atau pekan depan.

Kata Plt Ketua DPRD DKI Jakarta Ahmad Jani di Jakarta, Rabu, kata partainya

Mengirimkan surat ke masing-masing partai politik untuk mengusulkan calon pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Katanya: “Setelah nama-nama itu diberikan, kami akan memprosesnya di Majelis Umum. Hasil Majelis Umum akan kami publikasikan, kemudian kami akan serahkan ke Kementerian Tata Usaha Negara. Majelis Umum pada 17 September 2024. “

Jani mengatakan DPRD DKI juga menyiapkan Materi Musyawarah (AKD) periode 2024-2029. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (JP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Penyusunan Undang-Undang DPRD Provinsi, Daerah, dan Kota.

“Kami dari pemerintahan sementara sangat yakin DPRD DKI bisa berjalan dengan baik, yang kami lakukan adalah pengorganisasian unit, AKD, dan pembahasan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh anggota Dewan AKD mempunyai peran yang setara dalam kerja sama, seperti pengambilan kebijakan daerah dan pelaksanaan otonomi daerah.

Jani menambahkan, kerja DPRD sebagai regulator tidak pernah berhenti, seperti mengayomi dan mengawasi seluruh aktivitas Pemprov DKI.

Terpilih pada Pemilu 2024, 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029, Anggota Fraksi PKS Ahmad Jani dan Johnny Simanjuntak dari Fraksi PDI Peryuangan terpilih menjadi Pimpinan Sementara DPRD DKI Jakarta.

Anggota pimpinan sementara DPRD tersebut berasal dari dua partai politik yang meraih peringkat pertama dan kedua jumlah mandat DPRD di Provinsi.

Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 112 ayat 1 dan 2 UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Pasal 34 ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no. Propinsi, Propinsi, dan Kota Peraturan Tata Tertib DPRD mengatur bahwa walaupun belum terbentuk Kepengurusan DPRD Provinsi, namun Kepengurusan DPRD Provinsi dipimpin oleh Pemerintahan Sementara DPRD.

Baca juga: Ini Plt Direktur DPRD DKI Jakarta

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours