Waspada! 4 Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus Siaga, Ini Daftarnya

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan hingga pertengahan September 2024, masih ada 4 gunung berapi di Indonesia yang berstatus level III atau waspada.

“Ada 4 gunung api yang berstatus aktivitas III atau waspada, yakni Gunung Ibu, Gunung Lewotobi Laki, Gunung Awu, dan Gunung Merapi,” kata Ketua PVMBG Hadi Wijaya dalam acara Ngopi Bersama: Waspadai Pesona Gunung Api, Selasa (17/9). /2024).

Keempatnya terletak di provinsi berbeda, Gunung Ibu di Provinsi Maluku Utara, Gunung Levotobi Laki di Nusa Tenggara Timur, NTT, Gunung Awu di Sulawesi Utara, dan Gunung Merapi di DIY, kata Hadi.

Hadi juga melaporkan, saat ini terdapat 20 gunung berapi yang masih berada pada level II atau waspada. Selanjutnya, sebanyak 44 gunung berapi berada pada level I atau tingkat aktivitas normal.

“Ada 20 gunung api level dua atau waspada yang kegempaannya masih tinggi. Kemudian dari gunung api normal atau level satu, ada 44 gunung api yang kondisinya belum menunjukkan peningkatan aktivitas,” ujarnya.

Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa maupun harta benda dalam aktivitas vulkanik level 3, 2, dan 1 tersebut. Selain itu, kami juga sedang berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintah daerah, kata Hadi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours