ASEAN kutuk serangan Israel di Gaza

Estimated read time 2 min read

Ankara (ANTARA) – Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam konferensi bersama di Vientiane, Laos, Sabtu, mengatakan, mengutuk Israel atas serangan di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina.

“Kami mengutuk semua serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil, yang mengakibatkan jumlah korban yang mengkhawatirkan, terutama perempuan dan anak-anak, terbatasnya akses terhadap makanan, air bersih dan kebutuhan dasar lainnya, yang menyebabkan krisis kemanusiaan di Gaza semakin parah. ” baca pesannya. berkata bersama.

Para menteri luar negeri ASEAN juga menyatakan keprihatinan mendalam atas situasi kemanusiaan di wilayah yang diblokade.

Mereka meminta semua pihak yang terlibat untuk menerapkan gencatan senjata dan penghentian di Gaza.

Pernyataan terakhirnya juga memuji upaya banyak anggota ASEAN dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan juga mendukung Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

“Kami menyerukan akses kemanusiaan yang cepat, aman, pencegah, dan berkelanjutan bagi semua yang membutuhkan, termasuk melalui peningkatan kapasitas di perbatasan, termasuk di laut,” ujarnya.

ASEAN juga mendesak semua pihak terkait untuk mengupayakan penyelesaian konflik secara damai dengan tujuan memastikan solusi dua negara sesuai dengan hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan.

Pernyataan itu mengatakan para pejabat tersebut mengulangi nasihat ICJ pekan lalu mengenai Wilayah Pendudukan Palestina, dan mengatakan bahwa PBB harus mempertimbangkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mengakhiri kehadiran ilegal Israel di Yerusalem Timur dan Barat secepat mungkin.

Sumber: Anadolu-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours