Bantuan Pangan ke 22 Juta Keluarga Dipastikan Berlanjut di 2024, Berikut Rinciannya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Direktur Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memastikan bantuan pangan akan terus berlanjut sepanjang tahun 2024. Katanya, hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah harga yang terus berfluktuasi.

Ia mengatakan, “Saya tahu harga pangan selalu fluktuatif, apalagi dampak El Niño yang melanda Indonesia, tentunya dengan persetujuan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan melanjutkan bantuan pangan beras pada tahun ini .” Arief dalam keterangannya, Kamis (11/7/2024):

Apalagi, pimpinan Bapanas ini mengatakan, langkah ini merupakan bentuk dukungan ekonomi pemerintah terhadap masyarakat berpenghasilan rendah. Paket bantuan pangan akan disalurkan kepada 22 juta rumah tangga.

“Bulog telah menyalurkan subsidi beras kepada 22 juta rumah tangga. Kami pastikan akan berlanjut pada Agustus, Oktober, dan Desember, diperpanjang periode Januari hingga Maret, dan April hingga Juni,” kata Bapanas Arif.

“Maka total bantuan pangan pada tahun 2024 adalah sembilan bulan. Pada tahun 2023, total bantuan pangan beras adalah tujuh bulan. “Jumlah ini hanya akan bertambah untuk saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan dukungan finansial,” ujarnya. Dia menambahkan:

Sekadar informasi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyetujui kepastian penambahan anggaran program bantuan pangan pada rapat Badan Anggaran DPR RI, Senin (7 Agustus). /2024).

“Alokasi bantuan beras dan bantuan ayam dan telur akan diperpanjang menjadi tiga bulan yaitu Agustus, Oktober dan Desember. Hal ini akan menambah biaya sebesar Rp 11 triliun,” kata Menkeu.

Pada 10 Juli, tingkat realisasi penyaluran bantuan pangan mendekati 100%. Selama periode Januari-Maret, Bulog berhasil mengirimkan 657,7 ribu kg dari target 660 ribu kg.

Besaran bantuan pangan beras pada bulan April hingga Juni mencapai 6,341 juta kg, melebihi target sebesar 660.000 kg. Memberikan bantuan pangan sebesar 10kg beras per bulan dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam pengeluaran konsumsi bulanan mereka sampai batas tertentu.

Selain itu, pemerintah dan ID FOOD memberikan bantuan pangan untuk mengatasi stunting kepada 1,4 juta rumah tangga di tujuh provinsi. Paket bantuan pangan ini berupa 10 ekor ayam beku dan telur ayam seberat 0,9 hingga 1 kg.

Ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada tahun 2023. Hingga 5 Juli, sebanyak 248.916 paket daging ayam dan 174.241 butir telur telah berhasil disalurkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours