Dirjen PHU Kemenag Tepis Hasil Survey IKJHI untuk Klarifikasi Pansus Haji

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Direktur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Bidang Haji dan Umroh (PHU) Hilman Latif menolak anggapan hasil Indeks Kepuasan Ibadah Haji (IKJHI) 1445H/2024 M dalam kajian klarifikasi ke Haji Khusus Komite DVR diserahkan dalam penelitian ini.

Diketahui, hasil survei yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 88,20 termasuk dalam kategori terbaik. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun sekitar 85,83.

“Pansus tidak mementingkan hasil pelaksanaan kegiatan haji dan fokus pada masalah Proses dan Tata Cara Tuhan, ada manfaatnya bagi Haji India,” kata Hilman, Jumat (20/9/2024).

Meski hasil Panitia Khusus Haji akan keluar bulan depan, namun hal tersebut belum menjadi pertanda Kementerian Haji akan memulai kegiatan haji pada tahun 2025. “Bahkan (hasil Panitia Khusus Haji) akan dikirim pada bulan Desember atau November.” Lain halnya, tapi kita tahu kegiatan haji harusnya dimulai pada awal Oktober, jadi “kita harus mulai merancang programnya pada bulan September dimulai,” katanya.

Menurut Hilman, hasil penelitian tersebut dapat membantu Kementerian Agama mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pelayanan haji di masa depan.

“Hasil penelitian ini akan membantu kita melihat dan fokus pada apa yang kita lakukan, program apa yang kita gunakan, desain apa yang kita gunakan ke depan berdasarkan nilai-nilai penelitian yang valid,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours