Suharso: Kerja sama RI-EU bantu terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Dirjen Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa (UE) menjadi salah satu faktor pendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional. cita-cita Visi Emas Indonesia 2045.

Ia mencontohkan, publikasi kerja sama UE-Indonesia tahun 2024-2025 yang dirilis pada Selasa serupa dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang dirumuskan pemerintah Indonesia.

“Kami berharap implementasi rencana kerja sama pembangunan UE-Indonesia sejalan dengan dokumen perencanaan nasional kita untuk memastikan transformasi menyeluruh dan mewujudkan Visi Emas Indonesia 2045,” kata Suharso saat peluncuran di Jakarta.

Dikatakannya, seperti publikasi kolaborasi RI-UE yang menguraikan rencana bersama dan tujuannya, RPJMN dan RPJPN yang disusun pemerintah Indonesia merinci langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai cita-cita negara di abad kemerdekaan.

Suharso juga mengatakan, sebagai mitra setara, Indonesia dan 27 anggota UE harus terus berkoordinasi dan berkomunikasi demi kepentingan bersama.

“Mengintegrasikan berbagai inisiatif dan program kerja sama juga penting untuk memastikan tercapainya tujuan kerja sama pembangunan dan tercapainya hasil yang lebih bermakna bagi kepentingan kompleks para pemangku kepentingan,” tuturnya.

Suharso mengatakan kedua belah pihak akan terus menjaga kerja sama yang baik, terutama di bidang kepentingan bersama seperti ekonomi berkelanjutan, perdagangan dan investasi, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan hidup.

Beliau juga menyatakan keyakinannya bahwa UE akan terus berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia melalui saran dan kontribusi politik yang aktif, seperti yang ditunjukkan oleh Forum Kemitraan Multi-Pemangku Kepentingan Tingkat Tinggi (HLF-MSP) yang diadakan di Bali pada awal September, di Bapenas pada .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours