WhatsApp uji fitur privasi baru

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – WhatsApp sedang menguji fitur privasi baru untuk mengelola opsi sinkronisasi kontak, menghadirkan fitur tersebut ke sejumlah besar pengguna beta.

Menurut siaran Phone Arena, Sabtu (10/5), fitur yang tersedia dalam pembaruan beta terbaru WhatsApp untuk Android 2.24.21.26 memberi pengguna kontrol lebih besar atas pengalaman sinkronisasi kontak mereka.

Fitur privasi baru ini memungkinkan pengguna untuk mengelola koneksi pada perangkat yang terhubung.

Artinya, kontak dapat ditambahkan, diedit, atau dihapus dari perangkat apa pun yang terhubung dengan akun WhatsApp pengguna.

Misalnya, orang yang menggunakan WhatsApp di tablet atau desktop masih dapat membuat perubahan pada daftar kontaknya dan perubahan tersebut akan otomatis disinkronkan di seluruh perangkat yang terhubung.

Jika pengguna menonaktifkan sinkronisasi kontak untuk akun tertentu, WhatsApp akan berhenti menarik dan menampilkan kontak dari akun tersebut.

Hal ini dapat membantu menjaga privasi dengan mencegah kontak tertentu muncul di daftar kontak WhatsApp mereka di akun sekunder pengguna.

WhatsApp menggunakan hash kriptografi untuk mendukung lapisan perlindungan privasi lainnya, sehingga memungkinkannya melindungi nomor telepon kontak yang tidak memiliki akun WhatsApp, sekaligus memastikan mereka dapat memantau perilaku yang tidak biasa, seperti upaya penyalahgunaan fitur unggah kontak.

Meski sinkronisasi kontak dinonaktifkan, pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan kontak yang ada di WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp akan secara otomatis memulihkan kontak yang terkait dengan akun pengguna jika mereka beralih ke ponsel baru atau menginstal ulang aplikasi, sehingga memungkinkan transisi tanpa harus menambahkan kembali atau memulihkan kontak secara manual.

Pengguna yang memilih untuk tidak menggunakan pengalaman kontak baru sepenuhnya dapat menonaktifkan kontak WhatsApp di pengaturan privasi mereka kapan saja.

Fitur privasi baru ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang telah menginstal pembaruan beta WhatsApp terbaru untuk Android dari Google Play Store, dan diperkirakan akan diluncurkan ke lebih banyak orang dalam beberapa minggu mendatang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours