Google permudah pengguna lindungi data jika ponsel dicuri

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Google akan memperkenalkan pembaruan fitur pada banyak ponsel Android dengan menambahkan fitur anti maling yang memudahkan pengguna melindungi datanya jika ponselnya dicuri.

Beberapa fitur tersebut sudah mulai diterima oleh pengguna, antara lain Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Mengutip laporan GSM Arena, Sabtu (5/10), banyak pengguna Android yang menikmati fungsi seperti Remote Lock selama beberapa tahun terakhir, namun fungsi Theft Detection Lock dan Offline Device Lock merupakan fungsi baru.

Kunci Deteksi Pencurian adalah fitur paling menarik karena menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan sensor perangkat untuk mendeteksi pergerakan umum terkait pencurian.

Misalnya, jika seseorang mengambil ponsel dari tangan pengguna dan mulai menjalankannya. Jadi fitur ini juga bisa mendeteksi pergerakan yang mungkin dilakukan pencuri saat mengendarai sepeda atau menggunakan kendaraan.

Fitur ini secara otomatis akan mengunci ponsel dan memblokir semua akses aplikasi dan data pengguna.

Di sisi lain, fitur Offline Device Lock juga merupakan fitur baru yang memungkinkan perangkat terkunci ketika pencuri mencoba memutuskan sambungan telepon dalam waktu lama.

Remote Lock sudah dikenal sejak lama, namun jika dijelaskan, fitur ini memungkinkan pengguna mengunci ponselnya dari jarak jauh hanya dengan nomor ponselnya.

Fungsi ini dapat digunakan jika fungsi “Temukan Perangkat Saya” untuk mencari lokasi perangkat dinonaktifkan.

Belum jelas apakah ponsel dengan sistem operasi Android bisa menggunakan fitur ini, namun untuk memastikannya secara langsung, pengguna bisa melakukan update Layanan Google Play ke versi terbaru.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours