7 Ilmuwan Undip Masuk Top 2% Scientists Worldwibe 2024, Ini Profilnya

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – 7 peneliti Undip melengkapi daftar 2% peneliti internasional 2024 diantaranya Stanford University dan Elsevier. Berikut profil ketujuh ulama tersebut.

Daftar 2% Ilmuwan Teratas Dunia diambil dari database penulis di semua bidang penelitian termasuk Elsevier, berdasarkan kriteria evaluasi.

Baca juga: Prestasi Prof. Maila: Peneliti UIN Jakarta masuk dalam daftar 2% teratas dunia

Setiap tahunnya, Stanford bekerja sama dengan Elsevier menerbitkan peringkat peneliti yang masuk dalam 2% teratas dari seluruh dunia. Pemeringkatan ini didasarkan pada ‘model kriteria, yang mengevaluasi dampak makalah penelitian para peneliti di berbagai disiplin ilmu.

Data tersebut mencakup informasi tentang H-index (yang mengukur produktivitas dan relevansi kutipan seorang peneliti), jumlah kutipan, dan kontribusi para sarjana untuk menciptakan pengetahuan global.

Baca Juga: Dua Ilmuwan Raih Penghargaan Ahmad Bakrie XX 2024

Dikutip dari laman Universitas Diponegoro (Undip, Minggu (22/9/2024), berikut informasi tujuh peneliti yang masuk dalam daftar ini:

7 Peneliti Undip Masuk Top 2% Peneliti Sedunia 20241. Prof. Sugiharto, S.Pt., M.Si., Ph.D. (Harga: 57.173)

Sejarah Fakultas : Fakultas Peternakan dan Pertanian

Keahlian : Nutrisi Hewan dan Bioteknologi Pertanian

Soeharto dikenal atas kontribusinya terhadap ilmu peternakan, khususnya dalam meningkatkan produksi dan kesehatan hewan. Penelitiannya sangat bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan pangan dan pertanian di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, karya-karyanya sering dijadikan informasi dalam pengembangan pakan ternak yang lebih baik.

2. Prof. dr. Tn. Hadiyanto, S.T., M.Si., IPU (Peringkat: 58.005)

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Keahlian: Bioproses, Energi

Baca juga: Tak Takut Menipisnya Laut, Ilmuwan Ini Turun ke Dasar Samudera Atlantik

Sebagai pakar teknologi lingkungan, Hadiyanto telah banyak melakukan penelitian di bidang pengelolaan air dan energi terbarukan. Penelitiannya berdampak langsung pada mitigasi perubahan iklim dan penggunaan energi ramah lingkungan di Indonesia. Ia juga aktif berpartisipasi dalam proyek-proyek internasional yang berfokus pada solusi berkelanjutan.

3. Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. (Terdaftar: 142.790)

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Keahlian: Membran, Polimer

Heru Susanto merupakan pakar di bidang membran dan polimer serta merupakan Guru Besar di Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro (UNDIP) serta Wakil Presiden UNDIP.

Heru Susanto menyelesaikan dan mendapatkan gelar sarjana di Universitas Diponegoro pada tahun 1997 dan melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung yang lulus pada tahun 2001. Sedangkan gelar doktor diperolehnya dari Universitas Duisburg Essen pada tahun 2007.

4. Prof. dr. Jamari, S.T., M.T., IPU (Kategori: 144.634)

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Pengalaman: Tribologi, Desain Teknik

Jamari merupakan guru besar tetap Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Menyelesaikan studi sarjana hingga pascasarjana di Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), selesai pada tahun 1999 untuk Sarjana Teknik (ST) dan pada tahun 2001 untuk Magister Teknik (MT).

Beliau melanjutkan pendidikan kedokterannya dengan memperoleh gelar Doktor (Dr) pada tahun 2006 dari University of Twente, Belanda. Hingga saat ini beliau aktif mengajar di Departemen Teknik Mesin, mengajar berbagai mata kuliah konstruksi, antara lain Mekanika Kekuatan Bahan, Mekanika Kontak, dan Tribologi. Saat ini beliau sedang meneliti Bio-Tribologi.

5. Prof. Tn. Tutuk Djoko Kusworo, S.T., M.Eng., Ph.D (Peringkat: 162.212)

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Keahlian: Membran, Pemisahan Gas

Kusworo adalah pakar yang diakui secara internasional di berbagai bidang Teknologi Membran untuk produksi air, air limbah, pemisahan gas, atau tabung nano karbon. Dia adalah seorang profesional yang sangat terampil. Informasi Lebih Lanjut Informasi Lebih Lanjut Informasi Lebih Lanjut Informasi Lebih Lanjut Informasi Lebih Lanjut Penelitian ilmiah dan penelitian ilmiah internasional paling terkenal.

6. Prof. dr. Tn. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng. (Terdaftar: 174.045)

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Keahlian: Pengolahan Hasil Pertanian

Selain sebagai ilmuwan pengolahan makanan, Andri juga meneliti pemodelan tanaman/industri dan limbah perkotaan/kimia. Penelitiannya tentang teknologi pangan (ikan, kopi, dll) telah memberikan banyak inspirasi bagi para ilmuwan di seluruh dunia.

7. Dr. bahasa Inggris Achmad Widodo, S.T., M.T.

Fakultas Sejarah: Fakultas Teknik

Intelijen: Prognosis diagnosis kesalahan mesin kecerdasan buatan

Achmad Widodo menempuh pendidikan S1 di Jurusan Teknik Mesin UNDIP dan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (ST) pada tahun 1998.

Beliau memperoleh gelar Magister Teknik (MT) dari Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000. Dilanjutkan ke jenjang doktor dengan memperoleh gelar Doktor Teknik (Dr.Eng) dari Universitas Nasional Pukyong, Selatan. Korea Selatan pada tahun 2007.

Hingga saat ini beliau aktif mengajar di Departemen Teknik Mesin, mengajar berbagai mata kuliah di bidang konstruksi antara lain Matematika Teknik, Analisis Teknik, Getaran Mekanik, Kinematika dan Dinamika, serta Prinsip Perkembangan.

Dia saat ini sedang meneliti pembelajaran mesin untuk diagnosis dan evaluasi kinerja mesin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours