Empat pembalap binaan Astra Honda Indonesia bersaing di GP Mandalika

Estimated read time 3 min read

Lombok, NTB (ANTARA) – Sebanyak empat pebalap sepeda motor asal Indonesia dibantu Astra Honda turut tampil pada ajang Grand Prix (GP) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 28-29 September 2024.

Saya Fadillah Arbi Aditama yang berlaga sebagai wildcard pada kategori FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika, Davino Britani yang berlaga sebagai wildcard di Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2024.

Selain itu, Mario Suryo Aji (Honda Team Asia) baru memasuki tahun pertamanya sebagai pebalap Moto2 dan M. Kiandra Ramadhipa berpartisipasi sebagai pebalap reguler di ajang IATC 2024.

Fadilah Arbi mengatakan balapan ini merupakan balapan wild card keempatnya. Dua wildcard dengan mengikuti dua seri dunia Moto3, yakni seri Catalunya dan Aragon, Spanyol, serta dua seri di Mandalika.

Pelari Purworejo, Jawa Tengah itu mengincar hasil yang lebih baik pada balapan kali ini dibandingkan tahun 2023 yang finis di urutan ke-17.

“Tahun ini tentu target saya bisa lebih baik lagi. Secara fisik, mental, dan teknis saya siap memberikan hasil terbaik di Mandalika,” kata Arbi di Lombok, Jumat.

Arbi tampil di bawah naungan Honda Team Asia yang merupakan tim reguler di ajang balap ini. Kategori FIM Moto3 World Championship merupakan rangkaian ajang World Grand Prix yang menggunakan mesin 250cc.

Lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) 2019 ini memulai karir internasionalnya di ajang IATC musim 2021 saat berusia 15 tahun. Arbi saat ini berlaga sebagai pebalap reguler di ajang balap FIM JuniorGP Internasional di Eropa.

Sementara itu, pebalap Mario Suryo Aji yang sudah menjadi pebalap reguler Honda Team Asia pada kategori FIM World Championship Moto2 2024 akan menjalani debutnya di hadapan para penggemarnya di Mandalika.

Dua tahun sebelumnya, Mario menjadi pebalap Moto3. Mario merupakan jebolan Astra Honda Racing School 2016 yang kemudian menjalani debut di Thailand Talent Cup.

Pada musim 2018, Mario mengikuti ajang ATC. Prestasi menjanjikannya mengantarkan Mario menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjadi pebalap reguler di ajang dunia Moto3 selama dua tahun pada 2022-2023. Kini, ia mulai menghadapi ketatnya persaingan kejuaraan dunia Moto2 tahun ini.

Pebalap peserta pelatihan PT Astra Honda Motor (AHM), Davino Britani, juga akan menjadi pebalap wildcard di ajang balap IATC 2024 yang digelar bersamaan dengan seri MotoGP Mandalika.

Meski kesempatan di Mandalika ini merupakan pengalaman pertama Davino mengikuti ajang balap tingkat Asia, pelari kelahiran Tangerang ini juga yakin bisa tampil maksimal.

Beberapa prestasi juga diraih Davino di ajang balap nasional antara lain pada kejuaraan Mandalika Racing Series, Davino meraih poin pertama di kategori 150cc Junior Sport dan juga poin posisi pertama di kelas Rookie di ajang Moto Prix Region Jawa.

Balapan di IATC bersamaan dengan MotoGP tentu menjadi sesuatu yang sangat spesial bagi saya. Saya akan berusaha memberikan performa terbaik karena tampil sebagai pebalap MotoGP adalah impian saya di masa depan, ujarnya.

Pembalap Kiandra Ramadhipa yang dilatih AHM pada musim balap 2024 juga turut tampil di IATC 2024. Pada balapan sebelumnya,

Ramadhipa meraih podium kedua pada balapan kedua IATC di Sirkuit Internasional Sepang pada Agustus 2024. Dengan raihan tersebut, Kiandra Ramadhipa berada di urutan kedua klasemen pembalap IATC 2024 dengan raihan 71 poin.

Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi mengatakan, komitmen tinggi AHM untuk mewujudkan impian para pembalap berbakat Indonesia terus diperkuat.

Pembinaan pebalap unggulan, kata dia, diwujudkan melalui Astra Honda Racing School yang menunjang impian para pebalap untuk mampu bersaing di kancah dunia.

Octavianus yakin dengan semangat juang yang tinggi, pebalap Indonesia akan mampu membangkitkan semangat untuk menunjukkan performa terbaiknya di ajang balap FIM Moto3 World Championship dan IATC Mandalika Series.

“Mari kita dukung impian para pelari muda berbakat di Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di ajang lari dunia,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours