Presiden AS dan PM Jepang bahas aliansi dan keamanan regional

Estimated read time 1 min read

ISTANBUL (ANTARA) – Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengadakan pembicaraan pada Sabtu (21 September) dengan fokus pada penguatan hubungan bilateral dan penyelesaian masalah keamanan regional, menurut pernyataan Gedung Putih.

Pertemuan tersebut diadakan menjelang KTT Dialog Keamanan Segi Empat (Quad), yang juga melibatkan Australia dan India, dan mencakup berbagai masalah keamanan, ekonomi, dan diplomatik.

“Presiden menekankan bahwa aliansi A.S.-Jepang adalah landasan bagi perdamaian dan kemakmuran di kawasan,” kata Gedung Putih, seraya mencatat kemajuan dalam kemitraan tersebut sejak kunjungan terakhir Kishida ke Washington pada April 2024.

Kedua pemimpin tersebut dilaporkan menyambut baik perkembangan kemitraan trilateral Australia-Inggris-AS (AUKUS) dan membahas upaya menjaga stabilitas di Selat Taiwan, yang telah menjadi titik awal ketegangan antara Beijing dan Taipei.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Biden dan Kishida membahas sikap diplomatik negara masing-masing terhadap Tiongkok dan menyatakan keprihatinan terhadap aktivitas Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Gedung Putih mengatakan diskusi juga mencakup pengembangan dan perlindungan teknologi penting seperti kecerdasan buatan dan semikonduktor, serta strategi untuk memerangi tekanan ekonomi.

“Kedua pemimpin berkomitmen untuk melanjutkan upaya mereka untuk meningkatkan aliansi AS-Jepang ke tingkat yang lebih tinggi,” pernyataan tersebut menyimpulkan, menekankan kemitraan yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours