Indonesia Masuk 15 Besar Negara dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia

Estimated read time 6 min read

JAKARTA – Indonesia masuk dalam peringkat 15 negara terkuat di dunia berdasarkan kekuatan militer dengan menggunakan Sistem Peringkat Militer Global berdasarkan sistem Indeks Kekuatan Organisasi Pemadam Kebakaran Internasional. Ini merupakan pencapaian militer Indonesia yang diakui secara global.

Indonesia dinilai memiliki pengaruh global yang tinggi karena sistem pertahanannya yang sangat baik, angkatan bersenjata yang kuat, dan teknologi yang modern. Kekuatan militer mereka penting untuk hubungan antarnegara dan perencanaan keamanan internasional.

Pemeringkatan militer global, yang ditentukan oleh Global Firepower (GFP) dan ditentukan oleh PowerIndex (PwrIndx), memberikan wawasan berharga mengenai kemampuan militer negara-negara di seluruh dunia. Pemeringkatan tersebut didasarkan pada penilaian rinci terhadap lebih dari 60 faktor yang mencakup berbagai aspek kemampuan militer suatu negara.

Indeks Kekuatan (PwrIndx) adalah indikator numerik kekuatan militer suatu negara. Skor PwrIndx yang lebih rendah menunjukkan pasukan yang lebih kuat. Oleh karena itu, nilai PwrIndex yang optimal adalah 0,000, yang menurut GFP benar-benar tidak dapat dijangkau.

Sistem tanda tangan unik ini memperhitungkan ukuran dan kemampuan unit militer, sumber daya keuangan yang dialokasikan untuk pertahanan, kemampuan logistik, kondisi geografis, dan banyak faktor lainnya.

Salah satu fitur hebat dari penilaian GFP adalah skalabilitasnya. Negara-negara kecil dengan teknologi militer canggih dapat bersaing di panggung yang sama dengan negara-negara besar dan berteknologi maju. Pendekatan yang adil ini memungkinkan adanya pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan militer di tingkat global.

Pemeringkatan GFP bersifat dinamis dan diperbarui setiap tahun. Dengan menambahkan peningkatan khusus seperti bonus dan penalti, ini semakin meningkatkan levelnya. Perubahan tersebut meliputi perubahan strategi militer, perubahan geopolitik, dan modifikasi formula GFP. Dalam penilaian GFP tahun 2024, 145 negara dinilai dan diberi peringkat berdasarkan kekuatan militernya.

Indonesia merupakan salah satu dari 15 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Amerika Serikat

Foto/AP

Militer Amerika mempunyai peringkat yang tinggi, dan Amerika mempunyai kekuatan militer yang paling kuat di dunia. Menurut Global Firepower, dengan indeks kekuatan 0,0699, negara ini menunjukkan kemampuan yang tak tertandingi dalam teknologi pertahanan dan angkatan bersenjata. Amerika Serikat menempati posisi terdepan di dunia dalam banyak isu penting.

Ini termasuk perkiraan ukuran armada udara, jumlah kapal yang dipersenjatai, dan kekuatan armada transportasi. Persenjataan militer negara ini terdiri dari 92 kapal perang, 11 kapal induk, 13.300 pesawat dan 983 helikopter serang. Selain itu, Amerika Serikat mempunyai keunggulan belanja pertahanan yang signifikan. dengan total anggaran

Dengan anggaran sebesar $831 miliar, anggaran tersebut tiga kali lebih besar dari anggaran pertahanan Tiongkok, karena Tiongkok beroperasi dengan anggaran sebesar $227 miliar.

2. Rusia

Foto/AP

Militer Rusia berada di posisi kedua, menunjukkan kekuatan militer Rusia yang kuat dan menerima indeks kekuatan 0,0702. Militer, khususnya teknologi dan persenjataan, mempunyai dampak global. Rusia diberkati dengan kekuatan pesawat dan angkatan laut.

Meskipun terdapat tantangan selama konflik Ukraina, Rusia memiliki angkatan laut yang kuat. Indeks kekuatan yang dihitung yang mewakili Rusia dalam konteks internasional adalah 0,0702. Dengan armada yang berjumlah hampir 4.100 pesawat, Rusia tetap menjadi pemain penting dalam lanskap militer global.

3. Cina

Foto/AP

Militer Tiongkok menempati peringkat ketiga dengan indeks kekuatan 0,0706, menunjukkan kemampuan pertahanannya yang luas dan perkembangan strategisnya yang terus berkembang.

Kontrol militer Tiongkok mencakup lebih dari 761 juta orang, yang merupakan kontrol yang tidak biasa, menurut berita dunia. Selain itu, Tiongkok memiliki berbagai sumber daya militer, antara lain 50 kapal perang besar dan 78 kapal selam. Penilaian para ahli menunjukkan skor 0,0722 yang menunjukkan kuatnya kekuatan militer Tiongkok. Kekuatan militer India tampil impresif di peringkat keempat, dengan India menunjukkan kekuatan militer yang tinggi dengan indeks kekuatan 0,1023. Angkatan bersenjata India menunjukkan pertumbuhan besar dan infrastruktur pertahanan yang kuat.

Pengaruh India diciptakan oleh jumlah penduduknya yang besar. India menempati peringkat pertama dalam peringkat internasional karena tenaga kerja, kekuatan militer yang aktif dan beragam serta kualitas kekuatan militernya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa pada bulan Januari 2024, angkatan kerja India akan melebihi 653 juta orang, yang merupakan 47 persen dari populasi negara tersebut. Selain itu, pasukan India, yang terdiri dari sekitar 1,5 juta personel militer, juga ditahan, kata laporan itu.

5. Korea Selatan memiliki militer yang kuat. Korea Selatan berada di peringkat lima besar dalam peringkat global dalam kategori seperti kekuatan armada pesawat, kekuatan armada kendaraan lapis baja, dan kemampuan helikopter.

Negara ini memiliki lebih dari 133.000 kendaraan dan 739 helikopter, termasuk 112 helikopter serang. Global Firepower memberi Korea Selatan skor 0,1505, yang menunjukkan kekuatan militer negara tersebut yang tinggi.

6. Inggris Raya Militer Inggris Di peringkat keenam, Inggris mempertahankan kekuatan militer yang luar biasa dengan indeks kekuatan 0,1443, yang mencerminkan investasi pertahanan dan kemampuan strategisnya yang konsisten. Inggris saat ini memiliki dua kapal induk, lebih unggul dari Tiongkok, Italia, dan India, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan 11 kapal induk yang dioperasikan oleh AS.

Inggris berada di peringkat 10 negara teratas dalam penilaian global dalam beberapa bidang, termasuk jumlah pelabuhan yang tersedia secara keseluruhan dan kualitas armada kargo udaranya. Nilai tersebut memiliki indeks nasional sebesar 0,1443 poin.

7. Jepang

Foto/AP

Militer Jepang dipersenjatai dengan baik dan berteknologi maju, menempati peringkat ketujuh dalam indeks kekuatan sebesar 0,1601. Pada tahun tersebut Pada Januari 2024, militer Jepang memiliki persenjataan besar yang terdiri lebih dari 1.400 pesawat tempur dan lebih dari 111.000 kendaraan.

Unjuk kekuatan besar-besaran ini menghasilkan Indeks Kekuatan, yang menunjukkan kehebatan militer Jepang yang mengesankan jika dinilai secara global.

8. Pada Januari 2024, kekuatan militer Turki akan diwakili oleh personel yang besar dan anggaran pertahanan yang besar.

Dengan total 883.900 personel militer dan belanja militer sebesar $40,0 miliar, Angkatan Bersenjata Turki dilengkapi dengan baik dan siap untuk berbagai kebutuhan pertahanan dan operasional. Sebagaimana dinilai oleh Global Firepower Organization, kemampuan militer yang kuat ini mencerminkan posisi terdepan Turki dalam peringkat militer dunia.

9. Pakistan

Foto/AP

Militer Pakistan berada di peringkat kesembilan dengan indeks kekuatan 0,1711, yang menunjukkan potensi dan pengaruhnya yang semakin besar di kawasan. Pada Januari 2024, Pakistan memiliki persenjataan kuat yang terdiri lebih dari 3.700 tank, 1.400 pesawat tempur, sembilan kapal selam, dan 654.000 personel militer aktif.

Namun, peningkatan status Pakistan tidak hanya didasarkan pada kekuatan militernya. Penilaian global tahun ini mempertimbangkan berbagai faktor, dengan fokus khusus pada sumber daya alam dan kedekatan geografis. Penilaian global menempatkan Pakistan pada peringkat pertama dalam berbagai dimensi. Kriteria ini mencakup total populasi yang memenuhi syarat militer, total tenaga aktif, dan total kekuatan pesawat. Pencapaian ini menghasilkan indeks kekuatan efektif sebesar 0,1711 untuk Pakistan.

10. Orang tuanya.

Italia memiliki 404 helikopter, 58 di antaranya ditunjuk sebagai helikopter serang. Negara ini juga mengoperasikan dua kapal induk.

11. Perancis menempati urutan ke 11 dengan jumlah tentara aktif sebanyak 200.000 orang dengan nilai 0,1878. Prancis memiliki 224 jet tempur dan 69 helikopter tempur.

Prancis memiliki 1 kapal induk, tetapi 3 kapal induk helikopter dan 9 kapal selam.

12. Brasil

Foto/AP

Brasil mencatat 0,1944 dengan 360.000 tentara aktif. Brasil memiliki 46 jet tempur dan 195 helikopter. Brasil memiliki 469 tank yang dilengkapi dengan 78 peluncur roket. Brasil memiliki 6 fregat dan 4 kapal selam.

13.Indonesia

Foto/AP

Indonesia menempati peringkat ke-13 dalam daya tembak versi internasional, dengan skor 0,2252 dengan anggaran pertahanan sebesar $25 miliar. Indonesia memiliki 400.000 tentara aktif dan 400.000 tentara cadangan.

Indonesia memiliki 41 pesawat tempur dan 14 helikopter tempur. Jumlah tank Indonesia mencapai 313 dengan 63 peluncur roket. Untuk TNI Angkatan Laut, Indonesia memiliki 8 fregat, 25 korvet, dan 4 kapal selam.

Peringkat Indonesia lebih tinggi dibandingkan Australia (16), Israel (17), dan Jerman (19).

14. Iran menempati urutan ke 14 sebagai musuh utama Israel dengan nilai 0,2269. Iran memiliki 610.000 tentara aktif. Iran memiliki 186 jet tempur dan 13 helikopter tempur.

Iran memiliki 1.996 tank dan 775 peluncur roket. Iran memiliki 19 kapal selam dan 7 fregat.

15. Anggaran militer Mesir sebesar 9,4 miliar dolar dan nilainya 0,2283. Mesir memiliki 440.000 tentara. Mesir memiliki 238 jet tempur dan 100 helikopter tempur. Sebanyak 5.340 tank dan 1.111 peluncur roket milik Mesir.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours