Baznas salurkan dana Rp207 juta untuk mahasiswa Pulau Seribu

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Badan Pendukung Zakat (Baznas) Kepulauan Seribu Badan Zakat Infak Sedekah (Bazis) menyalurkan dana beasiswa kepada 138 pelajar asal daerah tersebut senilai Rp 207 juta.

“Bantuan biaya pendidikan bagi pelajar Masa Depan Jakarta (MDJ) tahun 2024 ini merupakan program kami dari pengumpulan zakat infaka dan sumbangan dari aparatur pemerintah (ASN) Kabupaten Kepulauan Seribu, masyarakat dan perusahaan swasta,” kata Deputi I Baznas. Basis Wilayah DKI Jakarta, KH Nur Alambaktir di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, dukungan tersebut merupakan bagian dari misi pihaknya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang nantinya dapat membawa hasil positif di masa depan.

Ia mengatakan, setiap siswa akan mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp6 juta per orang selama satu tahun, dan total dukungan program ini sebesar Rp207 juta.

“Dukungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa,” ujarnya.

Ditambahkannya, para mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan para pengusaha, khususnya dari Pulau Seribu.

Pihaknya juga menjajaki dana tanggung jawab sosial dan lingkungan (SES) untuk kesejahteraan masyarakat

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesara) Provinsi Kepulauan Seribu, Alavi menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut untuk menunjang kebutuhan pelajar di Kepulauan Seribu dari sisi ekonomi.

Manfaatkan sepenuhnya dukungan yang diberikan, guna berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan santri, nantinya santri dapat menemukan kekuatan zakat infaq,” ujarnya.

Sebelumnya, Baznas-Pemkab Pulau Bazis menargetkan jumlah Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) yang terkumpul di daerah tersebut mencapai Rp5,5 miliar pada tahun 2024.

Pada tahun 2023, penghimpunan Zakat Infaq Sedek (ZIS) efektif terkumpul sebesar Rp 2,74 miliar, dan disalurkan sebesar Rp 2,61 miliar kepada mustahiq di daerah setempat melalui serangkaian program bantuan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours