Indonesia serukan aksi kolektif untuk atasi tantangan global

Estimated read time 2 min read

Badung (Antara) – Indonesia menyerukan tindakan bersama dari berbagai pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan global yang mendesak.

“Perubahan paradigma global memerlukan pengembangan kemitraan multipihak yang akan meningkatkan tindakan kolektif dengan mengumpulkan sumber daya, berbagi tanggung jawab, dan meningkatkan dampak,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monowarfa dalam pidatonya. katanya. Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Stakeholder (HLF MSP) 2024, Bali, Senin.

Sinergi ini dapat dicapai melalui perubahan transformatif dalam kemitraan multipihak. Pendekatan ini diharapkan dapat mempersempit kesenjangan pembangunan antar negara.

Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) tahun 2030; Sejauh ini, hanya 15 persen dari target SDG yang berjalan sesuai rencana, sementara sebagian besar target lainnya mengalami kemunduran.

HLF MSP 2024 mengusung tema “Penguatan Kemitraan Multipihak: Menuju Perubahan Transformatif”.

Hari kedua meliputi Joint Leaders Session (IAF) Indonesia-Afrika dan sesi utama HLF MSP 2024 serta sesi pleno tingkat tinggi.

Selain sesi utama, forum ini akan menyelenggarakan 12 acara paralel dan 17 acara sampingan yang akan berlanjut hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center Nusa Dua.

Tiga sub-tema utama dibahas dalam HLF MSP, termasuk kemitraan multi-pemangku kepentingan untuk memperkuat kolaborasi, meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan melalui ekonomi berkelanjutan, dan memajukan pembangunan melalui pembiayaan inovatif.

HLF MSP 2024 di Bali diharapkan menjadi platform yang efektif untuk mendorong dialog kebijakan dan memperkuat komitmen global menuju pembangunan berkelanjutan.

Dengan kehadiran beragam pemangku kepentingan dari seluruh dunia, Indonesia berharap dapat memainkan peran penting dalam mendukung perubahan transformatif yang lebih inklusif dan berkelanjutan di tingkat global.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours