Inilah Tempat Terkering di Dunia, 500 Tahun Tanpa Setetes Air Hujan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Gurun Atacama di bagian utara Chile dinobatkan sebagai tempat terkering di Bumi. Tercatat dalam 500 tahun terakhir tidak ada hujan yang turun di kawasan yang membentang 1.593 kilometer sebelah barat Pegunungan Andes ini.

Alasan mengapa gurun ini kering adalah karena pegunungan di sekitar timur dan barat menghalangi semua badai dari Pasifik atau barat daya Amazon. Inilah salah satu fakta yang membuat tempat ini sulit.

Fenomena cuaca yang disebut antisiklon Pasifik bertiup dari utara ke selatan. Terdiri dari udara kering dan dingin. Arus laut Humboldt mencegah kawasan ini menjadi basah. Hal ini menciptakan gurun kering dan air menguap dengan cepat.

Dilansir AZ Animals Senin (7/10/2024) Hujan pertama kali dalam 500 tahun terjadi di Gurun Atacama pada tanggal 25 Maret 2015, di tengah gurun pasir. Hujan kembali turun pada tanggal 9 Agustus tahun yang sama dan pada tanggal 7 Juni 2017 di tengah gurun pasir.

Hujan turun di tengah gurun Atacama akibat perubahan iklim di Samudera Pasifik. Cuaca ini berubah seiring dengan perubahan iklim. Sedangkan wilayah di luar tengah gurun hanya menerima hujan setiap sepuluh tahun sekali.

Namun, air ternyata tidak berkontribusi terhadap perkembangan kehidupan di tengah gurun pasir. Sebaliknya, hujan membunuh kuman di daerah yang sangat kering. Bakteri ini beradaptasi dengan suhu tinggi, tekanan osmotik, nutrisi rendah, air rendah dan radiasi UV.

Ketika lingkungan berubah menjadi jenuh dengan air, bakteri ini menghadapi tekanan osmotik yang sangat besar hingga meledak. Virus ini adalah satu-satunya kehidupan di pusatnya dan hampir semua orang meninggal. Hanya empat makhluk hidup yang bertahan di danau yang terbentuk ketika ada 16 makhluk hidup sebelum hujan.

Wilayah gurun ini digambarkan sangat kering dan merupakan satu-satunya wilayah yang tidak menerima air selama 500 tahun. Beberapa daerah gurun menerima curah hujan kurang dari 0,03 inci.

Selain Gurun Atacama, Lembah Kering McMurdo di Antartika juga merupakan tempat terkering di dunia. Tidak ada hujan di sana selama lebih dari dua juta tahun. Namun, gurun kutub berbeda dari kebanyakan gurun di dunia, sehingga gurun terkering di dunia adalah Gurun Atacama.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours