Polres Rohul dan KPU Gelar Persiapan Pengamanan Pengundian Nomor Urut Pilkada

Estimated read time 2 min read

ROHUL – Polisi bersiap meningkatkan pengamanan saat pengundian calon mantan (paslon) Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) pada Pilkada 2024.

Persiapan pengamanan antara lain pelaksanaan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning yang dipimpin Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi persiapan calon nomor genap sebelumnya yang digelar di kantor KPU Rohul.

Ketua KPU Rohul Cepi Abdul Husen mengatakan partainya telah melakukan penyelidikan terhadap hasil administrasi calon tersebut.

Alhamdulillah sampai saat ini calon tersebut belum mendapat tanggapan masyarakat, kata Cepi, Jumat (20/9/2024).

Komisioner KPU Rohul dari Bagian Teknis Eria Candra menambahkan dasar pelaksanaan PKPU Nomor 08 Tahun 2024 dan KPT KPU R1 Nomor: 1229 Tahun 2024 serta mengenalkan mekanisme dan uraian rangkaian operasi penarikan nomor urut. Bupati Rohul dan Wakil Bupati.

“Dalam penetapan pasangan calon, KPU Rohul akan menyelenggarakan rapat pleno tertutup, sedangkan pengundian nomor urut akan dilakukan dalam rapat pleno terbuka,” ujarnya.

Undangan kepada sejumlah bakal calon undian, calon LO, partai pemohon, Forkopimda, Bawaslu, tim pemenangan, media dan pegawai KPU, sambung Eric Kandra, salah satu Komisioner KPU Rohul.

Dalam rapat koordinasi tersebut disepakati penetapan calon bupati dan wakil bupati Rohula akan dilakukan pada Minggu (22/09/2024) dalam rapat pleno tertutup di Aula Rapat Kantor KPU Rohula.

Selanjutnya pada Senin (23/9/2024) akan diumumkan gambar dan nomor urut para calon.

“Ketidakpastian dalam pemilihan pasangan calon dan penetapan nomor bupati dan wakil bupati Rohul seri 2024 antara lain adanya kafilah massa yang memaksa masuk ruangan dan aksi terorisme bukan kegiatan. Harus kita antisipasi bersama,” kata Rokan Hulu. Kapolri AKBP Budi. Setiyono, Jumat (20/9/2024)

Dijelaskan, sasaran pengamanan tersebut adalah calon, anggota KPU dan Bawaslu, LO dan pendukung, kantor KPU, Bawaslu, fasilitas umum serta sepeda motor dan mobil.

“Untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang ingin masuk, sehingga tamu undangan akan diberikan kartu identitas, setiap calon hanya boleh masuk ruangan yang berisi 10 orang. Jika ada aksi konvoi harus dikoordinasikan dengan pihak terkait. polisi, jadi harus bisa masuk ke sayap 10 orang secara langsung.” katanya, katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours