Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF 2024, Libas Laos 6-1

Estimated read time 2 min read

Solo – Timnas U-16 Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024. Kepastian itu didapat setelah tim Nova Arianta berhasil mengalahkan Timnas U-16 Laos dengan skor telak 6-6. . Stadion Manahan 1 Solo, Kamis (27/6/2024).

Tiga poin berikutnya menjadikannya rekor terbaik Indonesia dari tiga pertandingan Grup A. Sedangkan Laos yang berada di peringkat kedua masih berpeluang lolos sebagai runner-up.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Timnas U-16 Indonesia justru tertinggal dari Laos. Pada menit keenam, Fak Siphanom berhasil mencetak gol melalui penalti Mohammad Nur Ichsan. Tim tamu mendapat hadiah penalti setelah Matthew Ryan Baker menjatuhkan pemain Laos di area terlarang.

Namun tuan rumah dengan cepat merespons. Timnas U-16 Indonesia menyamakan kedudukan melalui gol penalti Mohammad Zahabi Gholi pada menit ke-23.

Tujuh menit berselang, Indonesia mencapai titik balik. Berawal dari sepak pojok, umpan silang Fabio Azkairawan disundul pemain Laos Vanshavath, yang justru mengarah ke gawangnya sendiri. Skor sementara 2 – 1 untuk tuan rumah.

Pergantian sukses tersebut memudahkan Indonesia menggempur pertahanan tim tamu. Memasuki menit ke-36, aksi Jose Hollong dari sisi kanan yang menendang bola ke kotak penalti sayangnya tidak bisa dimanfaatkan rekan satu timnya.

Semenit kemudian, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga. Lemparan jauh Fabio membuat kemelut di depan gawang Laos yang diselesaikan dengan baik oleh Josh.

Untuk Indonesia, Fabio membantu gol keempat Indonesia di masa tambahan waktu. Kapten Putu Panji sukses mengonversi tendangan bebasnya menjadi 4-1 di penghujung babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak banyak beristirahat dalam serangannya. Setelah babak kedua berjalan 6 menit, Indonesia bisa saja memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas Gholi. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena offside.

Namun Indonesia berhasil memperbesar keunggulannya setelah Daniel Alfredo mencetak gol pada menit ke-61.

Memasuki babak kedua, pelatih Nova Arianto melakukan pergantian seri. Salah satunya adalah Mirza Firjatullah. Dengan demikian, Mirza berhasil mencetak gol beberapa menit kemudian, tepatnya pada menit ke-78, ia sukses memanfaatkan umpan Jose dan membawa Indonesia unggul 6:1.

Meski selisih sangat besar, tim tamu berusaha mencetak gol di sisa pertandingan. Namun skor tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Timnas U-16 Indonesia; Mohammad Noor Ichsan, Putu Panji, Raihan Aprinsyah; Fabio Azkairawan, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Afrido, Mathew Ryan; Tristan Raisa Ibrahim, Muhammad Zahabi Gholi, Josh Hollong.

Pelatih: Nova Arianto.

Timnas U-16 Laos: Thitsakone Sumlivongvath; Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Daofhad Kamkasomfou, Phayak Siphanom, Binli Donsanoufit, Sayyawath Wansawath, Syaysith Chitpasong, Fauthsak Sihakhot; Sikand Xaisongkham, itu Mounkanyah.

Pelatih: Kanlaya Sisomwang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours