Menhub: Membangun transportasi perlu kolaborasi semua daerah

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Manhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya kerja sama dan kerja sama seluruh daerah dalam membangun sistem transportasi Indonesia untuk mencapai pembangunan yang efektif dan terpadu.

“Indonesia membutuhkan koneksi yang menjangkau keempat penjuru negeri. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga di pedesaan, pesisir, lembah, dan pegunungan,” kata Menhub di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Menhub dalam acara Hub Talks “The Online Transport Paradigm: Integrated and Online” yang merupakan salah satu rangkaian acara Hub Space 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Menhub dalam sambutannya melanjutkan persoalan pemajuan transportasi di seluruh wilayah tanah air, tentunya diperlukan kerja sama dan kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta seluruh pihak terkait dalam pengelolaan transportasi nasional.

Menhub berharap koordinasi ini menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari baik kabupaten, kota, maupun pusat.

Seluruh otoritas daerah dan pusat perlu sepakat untuk membangun kerja sama yang baik.

“Selama 10 tahun terakhir, pembangunan transportasi sebagian besar terfokus di Indonesia. Presiden menginstruksikan kita untuk tidak fokus di Jawa, tapi berkembang di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, mari kita izinkan seluruh pemerintah daerah untuk berperan dalam pembangunan ini,” kata Menhub.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnaviyan menegaskan, para pemimpin di kawasan juga harus berubah pikiran untuk tidak membuat rencana pembangunan hanya untuk masa kedaulatan.

Rencana pembangunan harus dibuat untuk jangka panjang karena permasalahan transportasi di Indonesia tidak akan pernah bisa diselesaikan dalam jangka pendek, namun harus berkelanjutan.

Baginya, proses pengembangan transportasi yang efektif dan efisien harus terus dilakukan.

“Gubernur lain dan pemimpin daerah lainnya harus sadar bahwa mereka fokus pada pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan, tidak hanya pada masa kepresidenan mereka,” kata Mendagri.

Selain itu, sistem transportasi di segala bidang harus sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan ramah lingkungan.

Penggunaan teknologi mutakhir saat ini tidak dapat dipungkiri. Sementara itu, perubahan lingkungan sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan dan kelangsungan hidup bumi.

“Saya berharap angkutan umum kita modern, berkelanjutan, ramah lingkungan, efisien, efektif, aman, dan harga terjangkau masyarakat,” kata Mendagri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours