Nasib Pilu Penghuni Rumah Mungil yang Viral Ditempati 46 Jiwa di Cimahi

Estimated read time 2 min read

CHIMAHI – Apa jadinya jika banyak orang tinggal di rumah yang lahannya sempit? Di Cimahi, Jawa Barat, hal itu menjadi kenyataan dan membuat heboh media sosial. 46 orang dari 18 keluarga tinggal di rumah ini.

Oleh karena itu, kondisi tempat tinggal mereka menjadi semakin sempit dan padat. Pintu masuk rumah dari jalan utama berupa jalan kecil yang bisa dilewati sepeda motor, dan rumah terkesan sangat ramai karena berdekatan dengan rumah lain.

Kedatangan petugas menyebabkan seluruh rumah terpaksa keluar karena situasi di dalam rumah sangat padat. Kehadiran keluarga Sri Amina menarik perhatian publik dan beredar di media sosial.

Hal ini terjadi setelah Ketua RT setempat melakukan pendataan, penyusunan, dan penelitian (Coklit) pada Pilkada 2024, Pilkada Jabar, dan Pilwali Cimaha.

Saat ini, kakak, adik, dan cucunya tinggal di rumah Sri Amina. Tercatat 36 orang tinggal di sana, dan 12 orang atau 4 kepala keluarga lainnya menyewa tanah di dekat rumah Sri Amina.

Selain itu, terdapat satu kamar tidur di lantai dua rumah, dan di bagian belakang hanya terdapat satu kamar mandi berukuran 1 x 1,5 meter dengan toilet kecil dan tangki air.

Sri Amina (64 tahun) mengaku, rumah tersebut telah berdiri di sini sejak tahun 1982 dan di dalamnya terdapat adik, anak, dan cucunya. “Saya sudah tinggal di sini selama 41 tahun, seluruh keluarga saya,” kata Shri Amina kepada wartawan, Selasa (7 September 2024).

Kepala Desa Ditereup Rusli Sudarmadi mengatakan pihaknya akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi situasi saat ini. “Kami akan mencari solusinya dengan bantuan pemerintah atau kelompok lain,” kata Rusli.

Rumah di kawasan padat penduduk Rumah keluarga Sri Amina sendiri terletak di kawasan padat penduduk Kota Cimahi, tersembunyi di jalan sempit yang hanya bisa dilintasi pejalan kaki dan sepeda motor.

Berdasarkan keterangan Desa Citeureup, dari 18 KK atau 64 jiwa, 14 KK atau 36 jiwa, termasuk anak kecil, kini tinggal di desa tersebut, dan empat KK telah mengontrak rumah di sekitar kawasan tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours