Efek bawang putih untuk mengatasi jerawat

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Selain digunakan sebagai bumbu masakan, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai pengobatan untuk meredakan peradangan jerawat.

Menurut laman Hindustan Times pada hari Senin, ahli kecantikan Dr. Sinha mengatakan beberapa kalangan medis percaya bawang putih dapat membantu meredakan jerawat, sementara yang lain mengatakan ada alternatif yang lebih baik yang terbukti dapat mengobati jerawat.

“Saya pribadi berpendapat bahwa mengonsumsi bawang putih secara oral tidak dapat memberikan efek langsung pada jerawat. Bawang putih dapat digunakan sebagai pengobatan pelengkap dalam beberapa kasus karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Tidak ada cukup data ilmiah untuk mendukung klaim ini,” Baca juga: Manfaat Mengunyah Bawang Putih Mentah Saat Perut Kosong Sinha mengatakan, mengoleskan bawang putih langsung ke kulit bisa menyebabkan kemerahan, iritasi bahkan perih.

Bagi mereka yang memiliki jerawat membandel, terutama jerawat kistik atau hormonal, bawang putih mungkin bukan solusi yang ampuh.

Kesabaran dan pengobatan perlahan dan bertahap adalah kunci pengobatan jerawat yang efektif. Daripada mengobati sendiri dengan hasil yang tidak pasti, selalu gunakan solusi yang sudah terbukti, tambah Sinha. Baca juga: Enam manfaat buah persik mentah Aditi Jain, spesialis kulit di Oteria Aditi Jain, mengatakan bahwa meskipun bawang putih dikenal karena khasiat obatnya dan dapat menjadi tambahan makanan yang sehat, bawang putih bukanlah pilihan terbaik untuk diandalkan untuk mengatasi jerawat.

“Pola makan seimbang, hidrasi yang tepat, dan penggunaan produk perawatan kulit yang dirancang untuk kulit Anda lebih efektif dalam mengatasi jerawat. Bawang putih mungkin berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan, tapi bukan obat untuk masalah kulit,” kata Jain.

Meski belum ada bukti ilmiahnya, Sinha mengatakan bawang putih dikenal dengan sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiinflamasi. Bawang putih mengandung almin yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Belum ada penelitian ilmiah yang mendukung bawang putih sebagai pengobatan jerawat yang andal. Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kulit Bawang. Konsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit maag, gangguan pencernaan dan masalah pencernaan lainnya. Gangguan pencernaan ini terlihat pada orang dengan perut sensitif atau orang yang rentan mengalami gangguan pencernaan.

“Orang dengan alergi mungkin mengalami ruam atau gatal pada kulit, dan dalam kasus yang parah, masalah pernapasan,” kata Sinha.

Pendekatan holistik yang mencakup pola makan seimbang, rutinitas perawatan kulit yang konsisten, dan saran profesional akan memberikan hasil yang lebih andal dan berjangka panjang. Baca juga: Manfaat Kulit, Pelindung Mata dan Pencegahan Sakit Maag

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours