Menkominfo minta kaum muda bijak gunakan internet

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghimbau generasi muda Indonesia untuk bijak menggunakan internet.

Pada Upacara Pengukuhan dan Kuliah Umum Instruktur Program Serdic yang diadakan hari ini, beliau mengatakan: “Jika Internet tidak digunakan secara bijak, kekosongan ancaman dunia maya dapat tercipta, dan generasi muda dapat menjadi kelompok yang rentan terhadap risiko.” Internet), Senin di kampus Universitas Indonesia Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Ia mengatakan, internet kini digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bermain game hingga mengakses berbagai layanan online.

Meskipun teknologi ini memiliki banyak kelebihan, namun jika tidak digunakan secara bijak dan hati-hati, teknologi ini dapat menimbulkan risiko kejahatan dunia maya, termasuk penipuan, penyalahgunaan data, pelecehan, dan eksploitasi seksual.

Budi Arie mengatakan, menumbuhkan perilaku internet cerdas di kalangan generasi muda penting dilakukan untuk mencapai penggunaan internet yang aman dan produktif.

Ia mengingatkan generasi muda untuk menggunakan Internet untuk mengakses konten dan layanan sesuai dengan batasan usia yang ditetapkan.

Menkominfo menjelaskan, pemerintah tengah menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat guna mendorong kebiasaan penggunaan internet cerdas.

Pemerintah menjalankan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) sebagai bagian dari program pengembangan tenaga kerja digital, antara lain untuk mengurangi risiko penggunaan internet.

Selain itu, pemerintah juga menerapkan beasiswa talenta digital dan program akademi kepemimpinan digital untuk mempromosikan talenta digital.

Upaya pengembangan talenta digital antara lain Training of Trainer/ToT yang dilaksanakan oleh Kantor Aplikasi Ilmu Informasi di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika, bersama dengan Pusat Penelitian Sosial dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya dan Sains Universitas Indonesia. .

“Kami berharap peserta acara ToT Cerdik dapat menjadi katalisator untuk mendorong budaya cerdas internet di lingkungan sekolah guna menciptakan ruang digital yang aman dan produktif untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Budi Arie.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours