BPDPKS Gaet AII Lakukan Valuasi dan Komersialisasi Teknologi Hasil Riset Kelapa Sawit

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Badan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) kembali menggandeng Asosiasi Penemu Indonesia (AII) untuk mengkaji dan mengkomersialkan teknologi hasil program penelitian kelapa sawit GRS 2021-2023. Dari hasil proses evaluasi awal terhadap 49 produk yang dikembangkan oleh Tim Pakar Internal AII, diperoleh 38 produk yang layak untuk dievaluasi lebih lanjut.

Dari total 38 produk terpilih, diperoleh 19 produk yang dapat ditindaklanjuti dengan evaluasi lebih mendalam mengenai kelayakan produksi komersial, termasuk evaluasi ulang Tingkat Kesiapan Teknologi (TRL). Namun setelah konfirmasi langsung dengan Produsen, diperoleh hasil bahwa 2 penemuan penelitian tersebut belum selesai sehingga hanya 17 penemuan yang dapat dilanjutkan, kata Ketua Umum AII Didiek Hadjar Goenadi pada konferensi pers Pengukuran dan Industri. . Review Ilmiah Review Ilmiah Sektor Kelapa Sawit (GRS) 2021-2023, di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Sedangkan 19 produksi lainnya belum bisa dilanjutkan karena masih memerlukan riset lebih mendalam oleh pengembang terutama dari sisi analisis tekno-ekonomi, proses produksi, dan perencanaan teknologi (TRL). Ke-17 penemuan yang siap untuk evaluasi lebih lanjut disajikan secara singkat.

Setelah selesai proses evaluasi awal oleh Tim Pakar AII, maka pada tahap berikutnya dilakukan proses evaluasi lebih mendalam bersama Tim Pakar Eksternal yang mempunyai pengetahuan berbeda mengenai produk sawit. Oleh karena itu, pada akhir proyek ini akan dihasilkan produk siap komersialisasi bersama mitra usaha dan disajikan dalam bentuk LOI dan/atau NDA.

“Harus kami informasikan bahwa penemuan GRS yang telah dievaluasi pada periode sebelumnya (2015-2019) yang telah mendapat LoI dari calon perusahaan mitra, terus dimonitor oleh AII dengan tujuan untuk mendapatkan NDA agar tahap komersialnya semakin dekat, ”ujarnya.

Kolaborasi yang sedang berjalan (Maret 2024-Februari 2025) ini merupakan kolaborasi fase 3 untuk memfasilitasi komersialisasi dan komersialisasi 88 teknologi hasil riset GRS 2021 -2023. Dari hasil proses seleksi awal terhadap 88 produk Tim Pakar Internal AII diperoleh 41 produk yang layak setelah dikurangi dengan hasil kajian non teknis, persamaan matematika dan hasil ilmiah yang telah dievaluasi sebelumnya.

Dari total 41 produk yang dipilih, Tim Pakar Internal AII melakukan proses evaluasi lebih lanjut dan menyimpulkan hanya 24 produk yang layak untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut. Kajian mendalam terhadap 24 produk dilakukan dengan mewawancarai 24 produsen untuk memaparkan hasil penelitiannya kepada Tim Pakar Internal AII (via zoom) dan diperoleh 16 penemuan yang lolos dengan perencanaan teknologi, bisnis tinggi. dan siap untuk bisnis. “Dimana 8 produksi lainnya dilaporkan belum siap komersialisasi, maka terlihat 16 produksi tersebut,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours