Pelajar pedalaman Aceh Timur antusias dukung atlet PON XXI

Estimated read time 3 min read

ACEH TIMUR (ANTARA) – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Daratan di Kabupaten Aceh Timur antusias mendukung atlet program Sepak Takraw Aceh-Sumut PON XXI 2024.

“Anak-anak terlihat sangat antusias menyaksikan dan mendukung aksi para atlet PON,” kata Kepala SMA Negeri 1 Indra Makmur Ashari di Aceh Timur, Kamis.

Pertandingan Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut akan digelar pada 7 hingga 19 September 2024 di Gedung GOR Edi. Hampir setiap hari, kedua stand di gedung atletik tersebut dipenuhi mahasiswa.

Ratusan siswa dari sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Timur tidak hanya memberikan dukungan kepada atlet tuan rumah, tetapi juga dari provinsi lain.

Asari mengatakan, 90 siswa bersama panitia guru mendatangi gedung GOR Idi untuk menyaksikan pertandingan Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut.

“Hari ini kami membawa 90 siswa dengan tiga bus kecil yang dikenal dengan nama Jumbo di Aceh Timur. Kami mengajak anak-anak menyaksikan atlet PON bertanding dengan biaya sendiri,” ujarnya.

Ashari mengatakan, PON merupakan ajang olahraga nasional yang diselenggarakan empat tahun sekali. Menonton pertandingan PON dapat menjadi motivasi bagi pelajar Aceh Timur untuk berprestasi di bidang olahraga.

“Sekolah kami letaknya di pedalaman. Untuk mencapai gedung olahraga ini kami memerlukan waktu sekitar dua setengah jam. PON XXI ini menjadi penyemangat bagi siswa untuk mencintai olahraga dan berprestasi,” kata Asari.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala SMA Negeri 2 Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur Halimah. Ia mengatakan, anak-anak didiknya juga sangat antusias menyaksikan pertandingan sepak takraw yang digelar di PON XXI Aceh-Sumut.

“Kami hanya mendatangkan 10 siswa karena sekolah kami jauh. Anak-anak terlihat sangat antusias memberikan dukungan kepada para atlet peserta,” kata Halimah.

Halimah mengatakan, untuk mencapai gedung Edi Sports Center, ia dan para pelajar harus mengendarai sepeda motor melewati jalan bergelombang hingga jalan raya nasional. Mereka menggunakan angkutan umum dari jalan raya nasional.

Butuh waktu sekitar tiga jam untuk mencapai gedung Edi Sports Center. Ini menjadi pengalaman langsung anak-anak kita menyaksikan atlet nasional. Kita berharap PON XXI bisa menginspirasi mereka untuk menjadi atlet, kata Halimah.

Laina Fariani, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rantau Peureulak Kabupaten Aceh Timur, juga mengajak beberapa siswanya menyaksikan pertandingan PON XXI 2024 antara Aceh dan Sumut.

“Atas inisiatif panitia guru, kami mengajak anak-anak menonton PON ini. Keinginan mereka untuk menonton pesta olahraga tingkat nasional ini sangat kuat,” ujarnya.

Ia juga menyebut PON XXI Aceh-Sumut, khususnya sepak takraw, menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak. Apalagi pesertanya seluruhnya adalah atlet tingkat nasional.

“Setelah itu, kami akan menggali dan mengembangkan potensi sepak takraw di sekolah-sekolah. Kami juga berharap suatu saat nanti Aceh Timur akan melahirkan pemain-pemain sepak takraw yang hebat,” kata Lena Fariani.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours