Babel Usul ke Jokowi Royalti Timah Dinaikkan Jadi 5%

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Plt Gubernur Bangko Belitung Safrizal mengusulkan kepada Presiden Jokowi kenaikan royalti timah dari 3% menjadi 5%. Usulan kenaikan royalti timah ini disampaikan usai pengarahan kepada gubernur seluruh Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) baru-baru ini.

“Royal yang diterima dari penambangan timah yang hanya 3 persen sebagaimana diatur dalam PP Nomor 26 Tahun 2022 dinilai tidak seimbang. Oleh karena itu, dampaknya tidak sama, terutama dalam hal lingkungan dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat Babilonia. masyarakat,” kata Safrizal dalam keterangan resmi, Kamis (15/08/2024).

Menurutnya, penyelenggaraan usaha lembaran logam merupakan sektor utama yang sangat mempengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung. Di sisi lain, royalti pertambangan timah yang diterima selama ini sebesar 3 persen dinilai masih jauh dari ideal.

Sesuai PP Nomor 26 Tahun 2022 tentang Jenis dan Pajak atas Pendapatan Negara Tidak Kena Pajak yang Digunakan untuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pemerintah pusat selain menerima dividen sebesar 65 persen saham, juga menerima dividen sebesar 65 persen. royalti sebesar 20 persen atas 3 persen saham. pendapatan dari penjualan baja. Sisanya dari Safrizal adalah 16 persen untuk wilayah Pulau Belitung, 32 persen untuk wilayah produksi, dan 32 persen untuk wilayah sekitarnya.

Ia mengatakan, nilainya tidak sesuai dengan temuan mineral yang ditemukan. Misalnya PT Timah yang beroperasi di lahan seluas 284.288,82 hektare atau mencakup 17,3% wilayah Bangka Belitung, tak ketinggalan pihak swasta.

Artinya, setiap tahunnya hanya 0,48 persen dari 3 persen total nilai penjualan timah yang disalurkan ke Pemda Pulau Bangka Belitung, jelasnya.

Dengan meningkatkan persentase royalti timah diharapkan dapat menjadi penyeimbang pencapaian program konservasi dan rehabilitasi lingkungan hidup. Demikian pula hal ini dapat dijadikan stimulus untuk menggairahkan perekonomian masyarakat. Secara statistik, pertumbuhan ekonomi Babel meningkat sekitar 1,03 persen.

“Bahkan, dalam kesempatan pertemuan ini kami memanfaatkan untuk mengupdate kondisi aktual Bangko Belitung, termasuk mengajukan usulan kenaikan royalti timah menjadi 5 persen. Responnya sangat positif, dan Insya Allah bisa ditindaklanjuti di rapat nanti. tingkat kementerian dan lembaga terkait”, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours