Pemilih yang Puas Kinerja Olly Pilih Elly Lasut Jadi Gubernur Sulut Selanjutnya

Estimated read time 1 min read

MANADO – Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 2 Elly Engelbert Lasut masih mendapat dukungan masyarakat. Salah satunya adalah kepuasan warga terhadap kinerja Gubernur pertama Sulut, Dondokambi.

Berdasarkan hasil jajak pendapat Poltracking Indonesia pada 15-21 September 2024, sebanyak 75,0 persen masyarakat puas dengan kinerja gubernur pertama Oli Dondukambi. Dari jumlah tersebut, 44,7 persen memilih Elie Engelbert Lassot-Honey Joost Peugeot sebagai gubernur-wakil gubernur berikutnya.

“Sebanyak 38,3% memilih Steven Kondo-Alfred Danny Juic Tueje dan Julius Selvanus Lumba-Victor Mailangkay 6,2%,” kata Ketua Peneliti Poltracking Indonesia Yuki Alutero, Kamis (3/10/2024).

Pasangan Elly Lasut-Hanny Joost juga menjadi yang tertinggi di antara lainnya dalam hal opsi. Gelombang Elly Lasut-Hanny Joost berkat dukungan besar masyarakat adat Nior menonjol karena elektabilitasnya.

Selain itu, Eli Lasut-Hani Jost menjadi calon favorit pada Pilgub Sulut 2024, jelas Yuki. Pasangan ini juga mencapai selektabilitas 50,1%. Mereka disusul Steven Kondo-Alfred Danny Juic Tueje 32,4% dan Julius Selvanus Lomba-Victor Maylakai 7,1%.

Dalam penelitian ini digunakan metode stratified multistage random sampling. Pengumpulan data di lapangan dilakukan pada tanggal 15 hingga 21 September 2024. Sampel pada survei ini berjumlah 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster riset ini mencakup 15 kabupaten/kota di Sulut berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours