Keamanan Data Jadi Prioritas Utama Perusahaan di Indonesia di Tengah Meningkatnya Ancaman Siber

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Di era yang semakin digital, keamanan data menjadi prioritas utama bagi perusahaan di Indonesia. Meningkatnya ancaman dunia maya mengharuskan perusahaan untuk lebih waspada dan proaktif dalam melindungi aset data mereka.

Laporan SAFEnet mengungkapkan serangan digital atau siber akan meningkat di Indonesia pada awal tahun 2024.

Menurut Kaspersky, pada kuartal pertama tahun 2024 atau Januari hingga Maret 2024, ruang digital negara diserang oleh hampir 6 juta ancaman siber.

Clara Hsu, Synology Country Manager untuk Indonesia, menekankan pentingnya solusi keamanan data yang andal. “Di Indonesia, perusahaan semakin menyadari bahwa menjaga integritas dan keamanan data adalah prioritas utama, apalagi dengan meningkatnya ancaman siber,” jelasnya.

Tren Keamanan Data di Indonesia Thachawan Chinchanakarn, Sales Head Asia Tenggara di Synology, menyoroti pertumbuhan Synology di Indonesia.

“Pendapatan kami di Asia Tenggara telah tumbuh sebesar 150% year-on-year selama lima tahun terakhir dan Indonesia berperan besar dalam keberhasilan ini,” jelasnya.

Thachawan mengatakan semakin banyak perusahaan di Indonesia yang menyadari pentingnya keamanan data.

Oleh karena itu, Synology juga terus meningkatkan solusi penyimpanan dan manajemen datanya untuk perusahaan, kata Thachavan.

Perlindungan Data dari Ransomware

Salah satu solusi terbaru mereka adalah ActiveProtect, yang memudahkan pengelolaan dan pencadangan data secara terpusat dari beberapa server. Solusi ini ideal bagi perusahaan yang memiliki banyak lokasi operasional dan memerlukan sistem perlindungan data yang komprehensif.

“Di tengah meningkatnya ancaman ransomware, solusi kami memberikan perlindungan abadi di mana data yang disimpan tidak dapat diubah oleh pihak yang tidak berwenang,” kata Thachavan.

Selain itu, terdapat solusi ekspansi yang memungkinkan perusahaan memperluas penyimpanan datanya. Solusi ini berguna bagi industri yang membutuhkan penanganan big data tingkat tinggi, seperti media dan telekomunikasi.

Bahkan, mereka juga memperluas kehadirannya di pasar pengawasan melalui C2 Surveillance Station, solusi pengawasan video cloud dengan kemampuan deteksi berbasis AI. “Solusi ini memungkinkan perusahaan di berbagai sektor untuk memantau lingkungannya secara real time,” kata Thachavan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours