Revitalisasi Pasar Serdang, Suswono Akan Bangun Hunian untuk Pedagang di Atasnya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 1 (Kawagub), Suwono berencana menghidupkan kembali Pasar Serdang, Kemayoran di Jakarta Pusat. Selain renovasi, Suswono juga menambah unit hunian di pasar kelas atas.

“Seperti (Pasar Serdong misalnya, luas sekali, makanya sekaligus kita bangun rumah di atas pasar kalau ada renovasi. Nanti jadi pasar modern,” kata Suswono. Jumat (27/9/2024).

Belakangan, rumah tersebut ditempati oleh para pedagang yang biasa berjualan di Pasar Serdong. Soal harga sewa yang akan dibahas lebih lanjut, dia menegaskan, karena pasar berada di tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemda), maka harga rumah atau sewa akan lebih murah.

“Sehingga para pedagang ini nantinya bisa menjadi penghuni rumah yang akan dibangun di atas pasar,” ujarnya.

Menurut dia, program pembangunan perumahan di atas pasar, stasiun, dan sungai bertujuan untuk menghilangkan permukiman kumuh di Jakarta. Pasalnya, pasangan Ridwan Kamil – Suswono (RIDO) diminta langsung oleh presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membersihkan kawasan kumuh Jakarta.

“Pak Ridwon Kamil diminta berangkat ke Jakarta untuk membantu Pak Prabowo dalam pembenahan kawasan kumuh yang diperintahkan Pak Prabowo, yang juga diperintahkan oleh Pak JK (Yusuf Kalla),” ujarnya.

Saat berkunjung ke Pasar Serdong, Suswono mengakui harga kebutuhan pokok relatif stabil. Namun pedagang yang berjualan di dalam pasar mengeluhkan adanya aktivitas berjualan di luar pasar.

“Nah, keluhannya pokoknya dari pedagang di dalam, karena ada konsumen di luar yang enggan masuk karena barangnya sudah ada di pinggir jalan. Yang harus bayar bulanan, bayar tagihan listrik, padahal mereka resmi (pedagang pasar), resmi pedagang pasar,” ujarnya.

Mendengar keluhan tersebut, Suswono mengatakan solusi yang diambil harus sama-sama menguntungkan kedua pedagang. Ia mengatakan, pihaknya akan memikirkan bagaimana caranya agar para pedagang tidak dirugikan di pasar ini. “Yah, pasti ada solusinya supaya kita bisa mendapatkan win-win solution untuk semua orang,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours