Respons KPU soal Bawaslu Pertanyakan Nama Rano Karno Ditambahi Si Doel

Estimated read time 2 min read

Jakarta – D.K. KPU Jakarta 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menetapkan Pramono Inang-Rano Karno atau C Doyle sebagai calon gubernur dan wakil gubernur, sehingga berdampak pada surat suara yang masuk.

“Pimpinan melaporkan Kawagob Rano Korno bernama C. Doyle. Kami kira pada menit ke-12 kejadian, sepertinya nama C. Doyle masih belum ada. Kami akan tanyakan apakah ada informasinya. Pengadilan (atau 22/9/2024) kata Anggota Bawaslu DKI Jakarta Ricky Putra Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Vu Dinata mengungkapkan ada surat di pengadilan sebelum nama Rano Karno ditambahkan.

“Pandangan masyarakat mengenai hal ini sudah kami terima dan sudah klarifikasi ke Wagub atas nama Rano Karno dan yang bersangkutan mengaku punya surat di pengadilan,” kata Wah Dinata.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Teknis CPU Ditjen Dudi Vijaya mengatakan, pihaknya juga sudah mendengar dari masyarakat mengenai perubahan nama tersebut.

“Pertama, pada saat hasil, sebelum diumumkan hasilnya melalui berita acara badan pengkajian pada 12 September, kami sudah memutuskan untuk menambahkan nama Wakil Gubernur Rano Karno, tetapi pada saat masyarakat merespons, kami mendapat respon masyarakat pada 18 September 2024,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Dodi menyebut Rano Karno lebih dikenal dengan nama C. Doyle. “Respon tersebut menunjukkan bahwa kita sebagai warga Jakarta mengenal baik Haji Rano Korno yang berperan sebagai C Doyle, yang dikenal sebagai C Doyle dalam gambar tersebut,” ujarnya.

“Makanya masyarakat mengusulkan agar nama C Doyle dicantumkan di kertas suara,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada 21 September lalu, pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada parpol dan calon Kawagoe. Timnya pun memutuskan untuk menetapkan C. Doyle sebagai bagian dari keluarga Rano di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Putusan tersebut mengabulkan permohonan pemohon dan menyatakan bahwa nama Rano Karno, Haji Rano Karno dan C Dowell adalah nama orang yang sama. Berdasarkan hal tersebut, kami menerima tanggapan dan penjelasan masyarakat untuk memilih nama tersebut. Bakwagab.H Rano Karno (Si Doel) katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours