DLH DKI manfaatkan botol plastik jadi perahu untuk sambut Hari Sungai

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Dinas Perlindungan Lingkungan Hidup DKI Jakarta membuat 32 perahu berbahan botol plastik untuk memperingati Hari Sungai Nasional melalui Festival Cinta Lingkungan (Cilung) 2024. “Ini merupakan festival pertama yang melibatkan 32 perahu berbahan dasar sampah plastik, khususnya botol.” Direktur Pelayanan Perlindungan Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto, Duren Savit, Jakarta Timur, Sabtu.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan membersihkan lingkungan, khususnya sungai, melalui Unit Pengelola Sampah Daerah Aliran Sungai (UPS BA).

Menurutnya, Sungai Tsilivun harus dijaga kebersihannya karena menjadi sumber air minum dan kebutuhan lain warga sekitar.

UPS BA juga mengatakan DKI mengumpulkan 300 ton sampah setiap tahunnya dari sungai-sungai di Jakarta dan sekitarnya. BACA JUGA: DKI Akan Jadi Tuan Rumah Festival Perahu Lingkungan

“Kami juga berupaya mengintegrasikan Rencana Aksi Ekonomi Sirkular Nasional 2025-2045 ke dalam kebijakan daerah untuk menciptakan sistem perekonomian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, kami berharap festival ini dapat menjadi kesempatan bagi warga tepi sungai untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak memanfaatkan sungai sebagai tempat pembuangan sampah tetapi menyimpannya untuk penghidupan dan kelangsungan hidup kami,” ujarnya. BACA JUGA: Staf PLN bekerja sama dengan masyarakat setempat kumpulkan 600kg sampah di Ciliwung. Ke depan, Pemprov DKI Jakarta yakin perahu-perahu festival ini bisa menjadi atraksi wisata dan kuliner bagi seluruh warga.

Lanjutnya, “Sebagai tempat wisata umum, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala dan memakai alat pelindung diri (APD) untuk menjamin keselamatan.”

Manajer Pelayanan Lingkungan UPS BA Jakarta Dadang Kahya Rusdiana mengatakan, layanan tersebut memiliki beragam kegiatan menarik.

Misalnya saja naik perahu Cilung gratis, pemberian pupuk kompos gratis, melihat pameran produk daur ulang, hingga ikut menandatangani komitmen bersama menjaga kebersihan Kali Jakarta. Baca juga: Wisata Bencana Menarik Perhatian Masyarakat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours