DTKJ dorong Pemprov DKI perkuat transportasi ramah disabilitas

Estimated read time 3 min read

Jakarta (Antara) – Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperkuat transportasi umum ramah disabilitas sebagai bentuk dukungan transformasi menuju kota global.

Ketua DTKJ Haris Muhammadun dalam acara penyerahan penghargaan mengatakan, “Ketika Jakarta ingin menjadi kota global tentu perlu ditingkatkan. Kalau penyandang disabilitas bisa terlayani dengan baik, berarti fasilitas publiknya juga bagus.” Jakarta Pusat, Kamis.

Harris mengatakan, sarana prasarana dan layanan bagi penyandang disabilitas perlu dirancang dengan matang karena banyak rincian yang perlu diisi. Mulai dari sudut kemiringan jalan, lift, ruangan tenang. Baca juga: Heru: Implementasi Tol Hanya di Kawasan Full Angkutan Umum “Kalau bicara kategori nilai, kita tetapkan delapan. Kalau masih bandingkan kota-kota di Indonesia, kita nomor satu. Tapi dari segi jumlah, kita punya Delapan dari sepuluh telah disebutkan namanya,” kata Harris.

Menurut Harris, hampir seluruh angkutan umum di Jakarta sudah mengarah pada layanan ramah disabilitas, baik itu LRT Jakarta, MRT Jakarta, maupun Transjakarta.

“Ya, yang jelas saat ini penyandang disabilitas mendapat tempat yang setara di fasilitas umum. Kami mencoba melakukan segalanya. Kami sedang membangun banyak halte di Transjakarta untuk mendapatkan akses. Mereka yang tidak mempunyai akses melakukan perubahan atau renovasi. kata Haris

Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga meluncurkan Digital Intelligent Assistance Device (DINA) atau layanan cerdas ramah disabilitas yang disebar di stasiun-stasiun.

DINA merupakan komunikasi dua arah yang menghubungkan pengguna dengan petugas stasiun MRT Jakarta dalam bentuk audio dan visual serta dilengkapi dengan fitur pesan teks.

“MRT Jakarta masih berjalan lebih jauh. Sebelumnya perusahaan telah menerapkan DINA bagi penyandang disabilitas sehingga teman-teman yang membutuhkan layanan disabilitas dapat menghubungi melalui aplikasi dan kemudian mendapatkan prioritas khusus,” jelas Harris.

Pejabat Perhubungan Jakarta berfoto bersama pada acara penghargaan DTKJ 2024 di Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2024). Antara/Siti Nurhaliza Lebih lanjut, Haris mengatakan, pihaknya juga mendorong transportasi untuk memberikan ruang tenang bagi penyandang disabilitas mental di Jakarta. Baca juga: Haru Harap Angkutan Umum di Jakarta Semakin Terintegrasi “Kami akan menyediakan ruang tenang bagi teman-teman penyandang disabilitas, yaitu di fasilitas yang sedang dibangun. Kalau tidak ada, mereka tidak akan punya, tapi kami akan berusaha menyediakannya,” kata Haris

Ajang DTKJ Awards merupakan program rutin yang diadakan dua tahun sekali. Acara yang berlangsung sejak tahun 2020 ini menjadi ajang asesmen dan evaluasi bagi pemangku kepentingan transportasi dan non-transportasi yang mampu menyediakan sarana dan prasarana ramah disabilitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memuji ajang penghargaan DTKJ 2024 tersebut dengan mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan berkomitmen membangun transportasi yang bisa diterima seluruh elemen masyarakat.

“Kami terus berupaya mewujudkan transportasi inklusif di Jakarta yang artinya seluruh elemen masyarakat dapat dengan mudah menggunakan transportasi,” kata Syafrin. Baca juga: Hari Angkutan Nasional 2024, Heru Soroti Prestasi Transportasi Sekda Bidang Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta, Pak. Haryati, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, CEO WELF PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). , dan pejabat transportasi lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours