4 Contoh Pidato Hari Kesaktian Pancasila, Singkat dan Penuh Makna

Estimated read time 10 min read

JAKARTA – Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini memperingati peristiwa G30S/PKI dan menegaskan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara. Berbagai kegiatan seperti upacara bendera dan debat diadakan untuk menghormati para pahlawan dan meneguhkan nilai-nilai Panaxilla.

Peringatan tersebut mempunyai makna yang sangat dalam, yaitu untuk melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Pancasila merupakan momentum bangsa Indonesia untuk menghormati para pahlawan yang gugur membela Pancasila.

Peristiwa G30S/PKI menjadi tonggak sejarah yang mengukuhkan Panaxilla sebagai ideologi yang kokoh dan tidak tergantikan. Melalui berbagai kegiatan peringatan, kita diajak untuk merefleksikan kembali pentingnya Panaxila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Upacara bendera, termasuk pidato selebran, merupakan sarana efektif untuk merefleksikan kembali makna dan relevansi Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertebal semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai Panaxilla. Melalui pidato yang beliau sampaikan, kita diajak untuk lebih memahami sejarah perjuangan bangsa dan relevansi Pancasila saat ini.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk mempersiapkan contoh-contoh pidato di hari suci Panaxilla. Di bawah ini 5 contoh Pidato Harian Pancasila yang dirangkum dari berbagai sumber: 1. Contoh Pidato Harian Pancasila 2024 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saudara-saudara Indonesia yang berbahagia,

Di pagi yang cerah ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, pada kesempatan ini kita bisa berkumpul bersama untuk memperingati hari suci Panaxilla.

Hari ini, tepatnya tanggal 1 Oktober 2024, jangan sampai seluruh masyarakat Indonesia lupa bahwa setiap tanggal 1 Oktober merupakan hari yang penuh dengan harapan persatuan dan kesatuan, hidup rukun, berkeadilan, dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Saudara-saudara Indonesia yang saya hormati.

Kita semua pasti membaca sejarah bahwa Partai Komunis Indonesia melancarkan pemberontakan untuk menghancurkan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, tepatnya pada tanggal 30 September 1965.

Memang Partai Komunis Indonesia bertujuan untuk mengganti ideologi negara Panaxilla dengan ideologi komunis. Keyakinan yang tidak mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Suci dalam hal ini tentu tidak sesuai dengan ideologi Panaxila, dan juga menyimpang dari ajaran Islam.

Saudara-saudara Indonesia.

Namun kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya yang Maha Kuasa diberikan kepada bangsa Indonesia, maka dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan antara ABRI dan masyarakat setia Panaxilla maka rencana jahat PKI dapat terlaksana. Hancur dalam waktu singkat di bawah pimpinan Pak Soeharto.

Saudara-saudara Indonesia.

Demikianlah hancurnya komplotan PKI dan pengikutnya di negeri tercinta ini berkat kesiapsiagaan dan persatuan bangsa Indonesia. Saat ini pun, jangan biarkan ideologi komunis tumbuh di negara kita tercinta, Indonesia.

Saudara-saudara se-Indonesia, ternyata perbuatan PKI itu sama sekali tidak dibolehkan oleh Tuhan, tidak diterima oleh-Nya, karena melalui falsafah Panaxilla dan syariat Islam.

Masyarakat Indonesia harus mengakui bahwa Panaxilla itu suci karena telah diridhai oleh Allah SWT. Dengan terjadinya peristiwa yang begitu kejam itu, maka sesuai dengan janji Allah yang disebutkan dalam firman Allah yang artinya: “Katakanlah kepadaku wahai Muhammad, bahwa kebenaran telah datang dan kepalsuan telah lenyap. “

Selamat berbahagia saudara-saudara Indonesia.

Janji Tuhan harus kita yakini, tapi kita harus berusaha, tidak hanya mengandalkan kekuatan untuk menyingkirkan PKI.

Tanpa kemauan dan persatuan ABRI, masyarakat yang setia pada Panaxilla, tidak ada harapan untuk menjadi bangsa Indonesia saat ini dan pada akhirnya PKI akan terusir dari Indonesia.

Inilah yang bisa saya masuki untuk menandai hari suci Panaxilla. Semoga Panaxilla tetap kokoh selamanya dengan harapan bangsa Indonesia terus meraih kemenangan selamanya dengan filosofi Panaxilla.

Kurang lebihnya saya minta maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Contoh Pidato Harian Pancasila Tema Membangun Indonesia Kuat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera Om Swasthyastu, Namu Bodhiya, berkah bajik, diberkati

Saudara-saudara, dari seluruh rakyat Indonesia yang saya hormati,

Hari ini kita merayakan hari suci Panaxilla di tengah upaya menggalang kekuatan untuk bangkit dan pulih. Para pendiri bangsa Indonesia menciptakan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional dan dari awal kelahirannya hingga saat ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita.

Selain itu, Pancasila menjadi pengingat bagi kita, bahwa dalam segala situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia dilandasi oleh keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, bercermin pada nilai-nilai Pancasila saat ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah maju.

Ibu dan Ayah yang terkasih,

Situasi wabah ini semakin menunjukkan dengan jelas sejumlah tantangan yang harus kita hadapi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh bangsa Indonesia.

Salah satu tantangan tersebut adalah kesenjangan geografis dan sosiologis, yang berarti tidak semua anak Indonesia memiliki akses terhadap pendidikan selama pandemi.

Peringatan hari suci Pancasila harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk merefleksikan apa yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia bangsa yang kuat di masa kini dan bangsa yang kuat di masa yang akan datang.

Selama ini upaya yang kami lakukan lebih fokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. Hal ini tidak sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang memadukan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Ketika kita memahami hal ini, sudah saatnya merancang keseimbangan baru yang mengutamakan pembangunan seluruh lapisan masyarakat dan mengedepankan kelestarian alam. Dalam hal ini Panaxilla akan menjadi titik tolak dan tujuan pembangunan bangsa dan negara kita.

Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita dari pandemi ditentukan oleh kebebasan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya dengan kemampuan dan karyanya. Ini adalah titik awal kami.

Selanjutnya kebebasan belajar, bekerja, kebebasan berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Panaxila yang seumur hidup, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Suci, berakhlak mulia, majemuk, mampu bekerja sama, mandiri. , berpikir kritis dan kreatif.

Para pelajar Pancasila yang akan meneruskan tongkat estafet demi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan. Kepada seluruh masyarakat Indonesia, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Suci Pancasila. Dengan nilai-nilai Pancasila yang mengiringi langkah kita, mari kita bangun Indonesia yang lebih kuat, inklusif, dan cerdas dengan Merdeka Belajar.

Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Om Shanti Shanti Shanti Om, Namo buddhaya, Yang Terberkahi

3. Contoh Pidato Harian Pancasila bertema Pancasila sebagai landasan pencapaian prestasi nasional Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam

Kami menghormati Anda, Nyonya Kepala Sekolah

Kami menghormati Bapak/Ibu Guru dan siswa yang kami hormati.

Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang atas rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat untuk memperingati hari suci Panaxilla 2024 dengan lancar. cara yang aman dan terjamin. secara berurutan.

Hari ini kita memperingati hari Pancasila. Kita tahu bahwa Panaxilla adalah tumpuan negara bagi bangsa Indonesia. Hingga saat ini Pancasila telah mempersatukan kita berbangsa dan bernegara, serta mengokohkan landasan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat.

Sebagai warga negara yang bertakwa tentunya kita harus mendukung upaya menjaga, melindungi dan mengamalkan nilai-nilai Panaxila dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Untuk membangun bangsa dan negara yang dicintai masyarakat Sunda diperlukan semangat persatuan dan kesatuan serta kerja sama yang kuat berdasarkan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus landasan negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mencapai prestasi nasional. Sudah saatnya kita wujudkan prestasi bangsa ini dengan bersatu padu, gotong royong, kerja keras, kerja keras dan cerdas dalam bidang pekerjaan.

Putraku, rekan senegara dan senegaranya, yang kamu muliakan,

Salah satu fenomena di era globalisasi adalah terjadinya nilai-nilai lintas batas antar negara bahkan antar komunitas atau kelompok sosial yang lebih kecil. Diantara nilai-nilai atau paham yang melintasi batas negara adalah radikalisme.

Dalam pengertian tersebut, tokohnya selalu merasa dirinya benar dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain. Tentu saja radikalisme dan ideologi sejenisnya tidak bertentangan dengan Panaxilla yang sangat menghargai dan menghargai keberagaman.

Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan terus memperkuat Panaxilla yang telah membuktikan dan membuat kita bisa hidup bersama secara damai, rukun dan toleran dengan semua orang yang berbeda agama, suku, ras dan adat istiadat yang berlatar belakang bersatunya Republik Tatar. dari Indonesia. Pada saat yang sama, kita harus memberantas benih dan tumbuhnya radikalisme dan nilai-nilai lainnya.

Semua anak yang kamu banggakan,

Tentunya kita semua ingin membangun bangsa dengan peradaban yang unggul, salah satu cirinya adalah masyarakat yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa lain, sekaligus pada saat yang sama. mampu. mewujudkan makna yang dimiliki sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan cara ini Panaxila menjadi sistem nilai kehidupan. Untuk itu nilai-nilai Pancasila harus terus kita kembangkan kepada seluruh generasi, khususnya generasi penerus bangsa Indonesia tercinta.

Dalam konteks ini pendidikan merupakan suatu sistem yang dapat melakukan hal tersebut secara efektif, karena melalui sistem pendidikan penelitian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat dilaksanakan secara sistematis, sistematis dan masif.

Anak-anak terkasih, siapa yang kamu puji,

Terakhir, peringatan hari suci Panaxilla setiap tahunnya harus kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan memasyarakatkan Panaxilla sebagai sumber nilai-nilai yang teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selamat hari suci Panaxilla. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Suci, selalu membimbing dan meridhoi segala usaha kita. Dan semoga apa yang kita lakukan menjadi bagian dari amal shaleh.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh pidato Hari Pancasila bertemakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat Sunda

Assalamualaikum, selamat pagi semuanya.

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia yang diberikan kepada kita kita semua dapat berkumpul bersama di hari cerah yang bertepatan dengan hari suci Panaxilla ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengutip topik “Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Kita”.

Saudara-saudara Indonesia,

Kita semua pernah membaca sejarah bahwa Partai Komunis Indonesia mengadakan pemberontakan untuk menghancurkan negara Indonesia berdasarkan Panaxilla, tepatnya pada tanggal 30 September 1965. Sebenarnya Partai Komunis Indonesia bertujuan untuk mengganti ideologi negara Panaxilla dengan komunis. ideologi. Keyakinan yang tidak mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa dalam hal ini tentu saja tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, dan juga menyimpang dari ajaran agama yang ada di Indonesia.

Saudara-saudara Indonesia yang terkasih,

Pancasila tidak dapat dipisahkan dari negara kita karena Pancasila adalah ideologi negara Indonesia, meskipun Pancasila hanya terdapat lima butir, namun banyak makna yang terkandung dalam Pancasila.

Rumusan Panaxilla bukanlah sesuatu yang mudah dan asal-asalan yang dirumuskan oleh para pahlawan kita di masa lalu, namun memiliki makna yang dalam dan menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia hingga lahirnya ideologi negara Indonesia yaitu Panaxilla.

Lima asas Panaxilla harus bisa kita terapkan dalam berbangsa dan bernegara mengingat Panaxilla merupakan tujuan nasional yang mempunyai nilai-nilai luhur, namun bagaimana kita dapat menjamin tegaknya Panaxilla di negara kita?

Kita mulai dari hal yang sederhana seperti lingkungan sekitar rumah kita, yaitu dengan saling membantu dengan tetangga, berdebat untuk menyelesaikan masalah untuk mencapai mufakat, menjaga keharmonisan antar tetangga dan hal-hal positif yang sederhana.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai siswa di sekolah? Sebagai siswa di sekolah, ia belajar dengan rajin, menaati peraturan sekolah, menghormati guru dan disiplin. Bayangkan setiap orang akan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam Penaxilla, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah bahkan negara.

Oleh karena itu, kami yakin negara ini akan damai dan sejahtera. Sebenarnya selain yang kami sebutkan di atas, masih banyak lagi nilai-nilai positif yang bisa kita petik dari Panaxilla dan sejarah hari suci Panaxilla.

Maka mari kita terapkan Pancasila, cintai bangsa Indonesia, bahasa dan budaya Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang aman, tenteram, tenteram, dan sejahtera. Demikian pidato kami untuk memperingati hari santo Panaxilla.

Kurang lebihnya saya minta maaf.

Belajar itu menyenangkan, asyik untuk diperjuangkan.

Halo Indonesia tercinta.

Demikianlah contoh pidato Hari Lahir Pancasila yang dapat dijadikan referensi. Saya berharap pidato ini dapat menjadi sarana untuk mengingatkan pentingnya menjaga Panaxilla sebagai ideologi negara.

MG/Inda Farahainnisa

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours