Petrokimia Gresik Komitmen Tingkatkan Efisiensi dan Kurangi Beban Emisi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Petrokimia Gresik berupaya terus menciptakan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi produksi dan menurunkan emisi. Optimalisasi teknologi melalui inovasi, Petrokimia Gresik akan terus berkembang dan terus menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Komitmen tersebut diapresiasi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang melalui penghargaan Pelopor Teknologi Industri (RINTEK). Petrokimiya Gresik menerima dua penghargaan.

“Kami berterima kasih kepada kedua Pelopor Teknologi Petrokimia Gresik. Inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi pabrik dan menurunkan emisi ini juga merupakan salah satu komitmen Petrokimia Gresik dalam implementasi program pemerintah “Net Zero Emission” di tahun 2018. 2060. “kata sutradara. Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, Sabtu (5/10/2024).

Digna mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti bahwa inovasi telah menjadi DNA Petrokimiya Gresik. Penghargaan RINTEK pertama diberikan atas teknologi baru “Jet Scrubber Hightech System” yang diperkenalkan di pabrik ZK Petrokimia Gresik.

“Terobosan ini dapat mengurangi emisi gas asam klorida (HCl) dan meningkatkan produksi HCl Cair di pabrik ZK pada tahun 2023,” ujarnya.

Penghargaan RINTEK yang kedua diberikan oleh Menteri Perindustrian, karena Petrokimia Gresik berhasil membuat Smart X-Scrubber System 3.0. Terobosan ini terbukti mampu menurunkan emisi amonia dan meningkatkan produksi mother alkohol di pabrik ZA I dan III pada tahun 2024.

“Kita tahu bahwa pupuk ZA dan ZK banyak digunakan pada tanaman perkebunan. Hal ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan keandalan tanaman dan mengembangkan sektor perkebunan dalam negeri dengan terjamin ketersediaan dan kualitas pupuknya,” kata Digna.

Selain meraih dua penghargaan, penilaian inovasi RINTEK untuk Petrokimia Gresik juga berhasil meraih peringkat pertama atau terbaik pada ajang tahun ini. Peringkat ini berada di posisi tiga besar dibandingkan tahun lalu.

Pada saat yang sama, penghargaan RINTEK merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap pelaku industri dalam mendorong adopsi teknologi. Pada saat yang sama, kemajuan teknologi industri dapat menjadikan industri nasional lebih kompetitif di pasar domestik dan internasional.

Penghargaan RINTEK sendiri merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sejak tahun 2006.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours