Turki bantu Irak atasi kesulitan pengadaan air bersih

Estimated read time 2 min read

Moskow (ANTARA) – Beberapa perusahaan Turki akan menangani infrastruktur, teknologi irigasi, persiapan keuangan, dan pemodelan untuk mengatasi masalah kekurangan air di Irak, lapor surat kabar Hurriyet, Selasa, mengutip sumber.

Menurut surat kabar Hurriyet, Türkiye akan terus memasok air ke Irak sesuai dengan jumlah yang tersedia dan pada saat yang sama membangun infrastruktur yang diperlukan untuk mengatasi masalah kekurangan air.

Surat kabar tersebut melaporkan bahwa tidak ada nilai tetap yang ditetapkan untuk pasokan air karena pemanasan global membuat hal ini tidak mungkin dilakukan.

Ankara dilaporkan yakin bahwa masalah utama pasokan air Irak terkait dengan penyalahgunaan air. Surat kabar Hurriyet melaporkan bahwa Ankara memberi tahu Baghdad bahwa masalahnya bukan pada jumlah air yang mengalir, melainkan infrastruktur yang lemah dan teknologi yang ketinggalan jaman.

Pada saat yang sama, kekurangan air di Turki telah menimbulkan kekhawatiran internasional.

Langkah yang diambil otoritas Turki untuk mengatasi hal ini menimbulkan reaksi negatif dari negara tetangga.

Dalam beberapa tahun terakhir, Suriah dan Irak mengalami kekurangan air bersih akibat bendungan yang dibangun oleh Türkiye di sungai Tigris dan Eufrat.

Pada bulan November, Menteri Pertanian Suriah Hassan Qatna mengatakan kepada Sputnik bahwa Suriah menderita karena Türkiye melanggar standar internasional dengan memutus pasokan air ke Suriah dan Irak.

Menteri Sumber Daya Air Irak Aoun Diab Abdullah mengatakan bendungan Jazira, yang dibangun Turki di Sungai Tigris, dapat mengurangi lebih dari setengah pasokan air Irak.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours