Profil Haya binti Hussein, Putri Raja Abdullah Yordania dan Ratu Alia Palestina Lulusan Oxford University

Estimated read time 2 min read

AMMAN – Haya binti Hussein merupakan putri Raja Hussein bin Talal, orang nomor satu di Yordania. Diketahui putri raja ini merupakan alumnus Universitas Oxford ternama.

Tak hanya pintar, putri Raja Yordania ini juga jagoan berkuda. Dia mewakili Yordania di Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney dan dua kali menjabat sebagai presiden Federasi Berkuda Internasional (FEI).

Profil Haya Binti Hussein Putri Haya Binti Al Hussein lahir pada tanggal 3 Mei 1974 di Amman, ibu kota Kerajaan Hashemite Yordania. Dia adalah putri tertua Raja Hussein dan istri ketiganya Ratu Alia.

Pada usia tiga tahun, putrinya harus ditinggalkan oleh ibu kandungnya setelah ia meninggal dalam kecelakaan pesawat di kamp pengungsi Palestina di Amman pada tahun 1977.

Dalam latar belakang pendidikannya, Haya belajar di Inggris sejak tahun 1985. Mulai bersekolah di Bristol, kemudian Bryanston School di Dorset.

Pada tahun 1993, ia berhasil masuk Universitas Oxford dan lulus pada tahun 1995 dengan gelar di bidang Filsafat, Politik dan Ekonomi (PPE).

Keahlian menungganginya diasah sejak usia 13 tahun. Pada tahun 1992, ia memenangkan medali perunggu dalam penyelaman individu di Pan Arab Games ketujuh di Damaskus, Suriah, dan pada tahun 1993, ia terpilih sebagai atlet terbaik Yordania tahun ini.

Putri Haya adalah wanita pertama yang mewakili negara asalnya Yordania di acara berkuda internasional dan satu-satunya wanita yang memenangkan medali di Pan-Arab Equestrian Games.

Pada tahun 2007, Haya diangkat menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pada tahun 2010 ia menjadi anggota Komite Hubungan Internasional IOC dan juga bertugas di Komite Olimpiade IOC untuk Olahraga, Kebudayaan dan Pendidikan.

Tak hanya itu, ia juga terpilih sebagai Presiden Federation of Equestrians International (FEI) untuk masa jabatan pertamanya pada tahun 2006. Haya terpilih kembali pada pemilihan presiden FEI tahun 2010, sehingga membuatnya menjabat dua periode.

Dalam kehidupan pribadinya, Putri Haya menikah dengan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan Penguasa Dubai pada 10 April 2004.

Dari pernikahan tersebut, Haya melahirkan anak pertamanya, Sheikha Al Jalila Binti Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, pada 2 Desember 2007. Sedangkan anak keduanya, Sheikh Zayed bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, lahir pada 7 Januari 2012.

Sayangnya, pernikahan tersebut tidak bertahan lama setelah Sheikh Mohammed menceraikan Putri Haya berdasarkan hukum Syariah pada tahun 2019.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours