Pelaku UMKM: Peparnas 2024 bawa dampak positif

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pelaku UMKM menyambut baik keikutsertaan mereka dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 yang diyakini akan memberikan dampak positif bagi promosi dan penjualan produk UMKM.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kami tempat dalam acara kelas Peparnas ini,” kata Dimas Pranoto, pedagang UMKM tahu petis di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu.

Menurut Dimas, dengan tidak memungut biaya apapun kepada UMKM untuk mengikuti pengembangan Peparnas 2024, berarti pemerintah membantu UMKM untuk berkembang dan naik kelas.

Melihat komitmen penuh pemerintah terhadap UMKM di Peparnas 2024, Dimas optimis dirinya bersama para pelaku UMKM lainnya mampu mempromosikan produknya ke masyarakat dan meningkatkan tapak kaki.

Ia pun memperkirakan bisa meraup omzet harian sebesar Rp5 juta-6 juta selama pelaksanaan Peparnas 2024, khususnya pada 6-13 Oktober.

Karena Peparnas diikuti oleh atlet, ofisial, dan tamu dari seluruh Indonesia. Kalau masyarakat terus menonton Peparnas karena saya biasa berjualan, penjualan hariannya bisa meningkat 300 persen, ujarnya.

Apa yang disampaikan Dimas senada dengan pedagang UMKM yang menjual kaos Peparnas 2024, Miun.

Pria asli Bogor ini mengaku sangat ingin bisa tampil di Peparnas 2024 karena merasa pemerintah daerah sangat mendukung kehadiran UMKM di ajang olahraga multidisiplin kelompok difabel tersebut.

Miun mengatakan, “Dalam Peparnas ini UMKM merasa sangat terbantu. Kami tidak dibayar untuk kegiatan Peparnas. Saya perkirakan setiap hari naik 70 persen, yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 5 juta.”

Peparnas 2024 di Surakarta akan dibuka pada Minggu (6/10) di Stadion Manahan yang dijadwalkan Presiden Joko Widodo.

Dalam pembukaan rangkaian yang dimulai pukul 15.00 WIB, Panitia Peparnas 2024 juga mengawali Festival Peparnas UMKM di Stadion Manahan.

Sekitar 60 pelaku UMKM mengikuti festival tersebut. Kemudian, mereka akan bertugas hingga akhir Peparnas 2024.

Untuk menghadiri pembukaan tersebut, Panitia Peparnas 2024 membagikan 9.895 tiket gratis kepada masyarakat.

Peparnas 2024 yang digelar pada 6-13 Oktober 2024 akan mempertandingkan 20 cabang olahraga yakni paraatletik, paraatletik, parabulu tangkis, boccia, paracatur, parasepeda, sepak bola Cerebral Palsy, paratenis meja. , judo buta, para-angkat besi, para-gulat, para-renang, para-taekwondo, bola voli duduk, bowling tenpin, futsal kursi roda dan tenis kursi roda serta dua pameran para-e-sports dan bola basket kursi roda.

Lebih dari 4.300 atlet dan ofisial dari 35 provinsi dipastikan tampil di Peparnas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours