Kenapa Orang Indonesia Masih Beli Motor India? Ini Alasannya!

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Di antara merek Jepang yang dominan di pasar sepeda motor Indonesia, TVS, pabrikan asal India, masih bertahan dan eksis.

Meskipun TVS jauh dari popularitas pabrikan Jepang seperti Honda atau Yamaha, TVS memiliki basis pelanggan setia yang tertarik dengan penawaran unik dan harga terjangkau.

Strategi TVS Indonesia Belum banyak yang mengetahui bahwa TVS Indonesia menawarkan lini produk yang lengkap mulai dari skuter matic, moped, sepeda motor telanjang, sepeda motor retro, sepeda motor hobby hingga sepeda motor listrik. Semua model CKD (completely knock down) ini dirakit di pabrik kami di Karawang, Jawa Barat.

Model Unggulan TVS Dua model sepeda motor TVS yang paling laris di Indonesia adalah:

1. TVS Callisto: Skuter self-driving dengan fitur modern dan bagasi lebar, dengan harga sama dengan Honda BeAT.

2. TVS Ronin: Sepeda motor retro klasik bermesin 225 cc.

“Kedua sepeda motor ini adalah pahlawan kita. Otomatis Callisto 110 dan 125 masih menjadi andalan. TVS Ronin berada di posisi kedua. “Kedua stand ini kini menjadi favorit konsumen dalam negeri,” kata Ryan Rahadian, Head of Marketing TVS Indonesia.

Callisto sendiri 100-120 unit per bulan, Ronin 80-100 unit (per bulan), tambah Ryan. Sebagai referensi, TVS Callisto dijual Rp 18,9 juta di Indonesia. Sedangkan Honda BeAT mulai dari Rp 18,4 juta.

Penjualan dan penjualan ekspor Callisto dan Ronin mencapai ratusan unit setiap bulannya, yang tersebar merata di berbagai wilayah Indonesia. Pabrik TVS Karawang juga mengutamakan ekspor ke berbagai negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Alasan Motor India Dijual Murah di Indonesia Harga sepeda motor India relatif terjangkau. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

– Harga sepeda motor murah di India.

– Pajak sepeda motor telah dikurangi di India.

– Penggunaan tenaga kerja dan material lokal di India.

“Ya, ada persaingan di India selain pajak. Karena bahan produk, tenaga kerja, dan lain-lain semuanya lokal, tidak ada yang datang dari luar,” kata Ryan.

Alasan konsumen Indonesia membeli sepeda motor India. Meski tak sepopuler merek Jepang, motor India seperti TVS punya peminat di Indonesia. Beberapa alasan membeli sepeda motor TVS adalah:

– Fungsionalitas: Sepeda motor TVS, terutama skuter self-propelled, menawarkan ruang bagasi yang luas dan fitur-fitur yang berguna.

– Harga Terjangkau: Motor TVS mampu bersaing dengan merek Jepang.

TVS dan Sepeda Motor Listrik TVS juga terlibat dalam pengembangan pasar sepeda motor listrik di Indonesia. Mereka telah meluncurkan sepeda motor listrik iQube S dan berencana menambah lebih banyak sepeda motor listrik ke jajaran produk mereka di masa depan.

Dengan produk berkualitas, harga terjangkau, dan fitur menarik, TVS memiliki konsumen di Indonesia dan akan terus memiliki kehadiran yang kuat di Indonesia, kata Ryan.

Ryan juga mengungkapkan sepeda motor listrik barunya akan diperkenalkan pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 yang digelar pada 30 Oktober hingga 3 November 2024.

“Nanti ada satu lagi lini (motor listrik) yang akan kami tampilkan di IMOS. Itu tidak akan dijual tahun ini, tahun depan. Tapi (nanti) hanya sekedar pameran (di IMOS),” kata Ryan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours