6 Kesalahan Minum Kopi yang Merusak Kesehatan, Hindari Pakai Gula

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Namun, ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang saat minum kopi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Secangkir kopi panas dapat meningkatkan mood Anda. Penelitian telah membuktikan banyak manfaatnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat memperpanjang umur dan melindungi terhadap banyak penyakit.

Ada banyak penelitian yang mendukung konsumsi kopi dalam jumlah sedang. Menurut penelitian, 2-5 cangkir kopi mengurangi risiko kematian dini, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit liver, kanker endometrium, penyakit Parkinson, dan penyakit kronis.

Melansir Times of India, Sabtu (27/7/2024) enam kesalahan minum kopi berikut ini bisa membahayakan kesehatan.

6 Kesalahan Minum Kopi yang Membahayakan Kesehatan Anda

1. Minum kopi terlalu banyak

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia, peningkatan detak jantung, dan masalah pencernaan. Kafein dalam kopi merupakan stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat.

Batasi konsumsi kopi dua hingga tiga cangkir per hari, atau 200-300 mg kafein. Jumlah ini dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa.

2. Kopi memakan waktu terlalu lama

Minum kopi di malam hari bisa mengganggu tidur Anda. Kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama beberapa jam, sehingga jika Anda minum kopi menjelang waktu tidur, Anda mungkin akan sulit tidur.

Jangan minum kopi minimal 6 jam sebelum tidur. Jika Anda tetap ingin menikmati cita rasa kopi di malam hari, pilihlah kopi tanpa kafein.

3. Menambahkan lebih banyak gula dan krim

Menambahkan terlalu banyak gula dan krim ke dalam kopi dapat menambah kalori dan lemak tidak sehat, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kurangi jumlah gula dan krim yang Anda tambahkan ke kopi. Coba gunakan pilihan yang lebih sehat seperti susu rendah lemak atau pemanis alami seperti stevia.

4. Minum kopi saat perut kosong

Minum kopi saat perut kosong meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan mulas dan memperburuk kondisi seperti maag dan tukak lambung.

Sebaiknya, minumlah kopi setelah makan atau ngemil untuk membantu menetralkan asam lambung.

5. Menggunakan cangkir kopi yang kotor

Cangkir kopi yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Menggunakan cangkir kotor dapat menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

Cuci cangkir kopi Anda secara menyeluruh setelah digunakan. Gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan cangkir.

6. Tidak memperdulikan kualitas kopinya

Kopi berkualitas buruk mungkin mengandung kontaminan berbahaya atau bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Kopi yang tidak disimpan dengan benar akan kehilangan rasa dan nutrisinya.

Pilih kopi berkualitas tinggi dan pastikan penyimpanan yang tepat. Agar kopi tetap segar, gunakan wadah kedap udara dan simpan di tempat sejuk dan kering.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours