Temui Raja Terkaya di Dunia, Bukan Raja Arab Saudi, Sultan Brunei, atau Raja Inggris Charles III

Estimated read time 2 min read

BANGKOK – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, yang naik takhta pada tahun 2016 setelah kematian ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej, saat ini menjadi raja terkaya di dunia.

Dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$43 miliar (Rs 665 triliun), kekayaan Raja Vajiralongkorn berakar kuat pada kekayaan keluarga kerajaan Thailand yang berusia berabad-abad.

Sebagai satu-satunya putra mendiang Raja Bhumibol, Vajiralongkorn diangkat menjadi putra mahkota pada tahun 1972 dan mewarisi kekayaan yang signifikan setelah kematian ayahnya.

Kekayaannya mencakup real estate yang luas, berbagai kepentingan bisnis, dan portofolio investasi yang besar.

Biro Properti Mahkota, yang mengelola kepentingan keuangan keluarga kerajaan, semakin meningkatkan kekayaan mereka.

Salah satu propertinya yang paling terkenal adalah istana bersejarah yang dibangun pada tahun 1782, seluas 2,3 juta kaki persegi.

Meskipun istana ini kini digunakan sebagai kantor pemerintahan dan museum, istana ini tetap menjadi simbol kekayaannya yang besar.

Selain itu, Raja Vajiralongkorn memiliki 6.560 hektar tanah, dengan 40.000 sewa di seluruh Thailand, termasuk 17.000 di Bangkok.

Kepentingan bisnisnya meliputi 23% saham di Siam Commercial Bank dan 33,3% saham di Siam Cement Group.

Harta karunnya termasuk Golden Jubilee Diamond 545,67 karat, yang merupakan berlian terbesar dan termahal di dunia, bernilai sekitar Rs 98 crore.

Armada kerajaannya mencakup 38 pesawat dan lebih dari 300 mobil mewah.

Sebagai perbandingan, raja terkaya kedua adalah Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$30 miliar, terutama dari investasi di bidang minyak, real estat, dan bisnis internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours