Stafsus: Kementerian BUMN telah beri mandat kepada BNI untuk go global

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memerintahkan BNI menjadi bank Indonesia yang “go global”.

Bagaimanapun, BNI harus terus bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan swasta untuk mengekspor usaha kecil kita ke luar negeri, kata Arya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Arya yakin, kualitas usaha kecil dan menengah (UMKM) Indonesia semakin meningkat sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Menurutnya, dukungan Bank Negara Indonesia (BNI) sudah cukup bagi UMKM di dalam dan luar negeri.

“Di Indonesia, BNI merupakan salah satu bank penyalur Kredit Perorangan (KUR) dan pinjaman dalam skema lainnya untuk UMKM. Selama di luar negeri, BNI terus menggalakkan penyaluran pinjaman di diaspora kepada pengusaha di diaspora melalui kantornya di luar negeri” , kata Arya.

BNI memiliki program ekosistem UMKM berorientasi ekspor bernama BNI Xpora. BNI mendukung penyelenggaraan event internasional melalui program ini dengan mengirimkan UMKM terbaik untuk berpartisipasi.

Atas upaya tersebut, Arya pun mengucapkan terima kasih kepada BNI.

Belum lama ini, acara berpartisipasi dalam pameran “Indonesia in SG – New Horizon of Indonesia Sustainable” di Singapura yang diselenggarakan pada tanggal 17-21 April mendorong UMKM Indonesia yang memproduksi aksesoris fesyen, pameran ini didukung oleh. KBRI Singapura, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Sarinah, KADIN, dan Jakarta Fashion Week.

BNI juga turut serta dalam pameran “Indonesia in Korea – Seoul Food & Hotel (SFH) 2024” di Korea Selatan, pada 11-14 Juni. SFH merupakan pameran pangan terbesar di Korea Selatan yang menjadi wadah strategis bagi UKM Indonesia untuk menjangkau pasar global. Selain BNI, pameran ini juga didukung oleh KBRI Seoul, Kementerian Perdagangan dan Bank Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours