Jakpus mulai garap pekerjaan normalisasi saluran di RTH Johar Baru

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat mulai melakukan pekerjaan normalisasi saluran dan pembangunan waduk Ruang Terbuka Hijau (RTH) di eks gedung Teater Johar Baru RT 15/10 Jalan Kramat Jaya Baru IV. “Pekerjaan ini dilakukan secara paralel, jadi kita akan sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kalau situasi normal, normalisasi saluran semenanjung akan memakan waktu satu atau dua minggu,” Kepala Satpel SDA Johar Baru, Rudy. kata Heryanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Rudy mengatakan, pekerjaan normalisasi tersebut antara lain membuat alinyemen saluran dengan lebar sekitar 50 sentimeter (cm) dan kedalaman 60-70 sentimeter.

Kondisi saluran (yang ada) saat ini sebagian besar tertutup puing-puing dan tanah sehingga masih dalam tahap pembangunan untuk menentukan proyek dan lokasinya.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan Kota (Tamhut) Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan, desain teknis ruang terbuka hijau masih dalam tahap penyelesaian. Pembongkaran bangunan telah selesai.

Prinsipnya, kata Mila, kawasan hijau akan dilengkapi dengan fasilitas olah raga, musala, embung (danau kecil), taman, dan lahan pertanian perkotaan.

“Proyeknya masih dalam tahap finalisasi. Namun pengerjaannya tetap berjalan secara paralel dan teknis pengerjaan lapangan akan dimulai minggu ini,” kata Mila.

Desain teknis musala nantinya akan diselesaikan dengan melibatkan Suku Dinas Cipta Karya, Tata Guna Lahan, dan Tata Guna Tanah (CKTRP) Jakarta Pusat. Mushalla rencananya akan dibangun dalam dua tingkat, yakni lantai dasar tempat perawatan dan lantai atas tempat musala, tempat wudhu dan tempat duduk.

Pembangunan musala yang juga mendapat dukungan dari BAZNAS BAZIS ini akan mencakup pembangunan sarana wudhu dan tempat duduk.

Kemudian, pihaknya juga meminta masukan kepada Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Pusat untuk membangun fasilitas olahraga serba guna yang diperuntukkan bagi sepak bola, bola basket, bola voli, dan bulu tangkis. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) juga akan membuat taman di kawasan itu dari segi keindahan. Selanjutnya, Suku Dinas Keamanan Pangan dan Perikanan Kelautan (KPKP) juga akan membangun pertanian perkotaan di lahan RTH. Sementara itu, di Kavling Bina Marga Sudin Jakarta Pusat, penataan pejalan kaki indoor dan outdoor sedang dilakukan penataan.

Pembangunan kawasan hijau diharapkan selesai dalam tiga bulan ke depan. Perkembangan ini juga sejalan dengan tuntutan warga Johar Baru yang mengeluhkan minimnya ruang berinteraksi dan kesulitan berolahraga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours