10 Contoh Teks Argumentasi Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Estimated read time 6 min read

JAKARTA – Teks argumentatif merupakan jenis teks yang ditulis untuk mendukung suatu opini di kelas bahasa Indonesia, biasanya dilengkapi dengan data dan fakta.

Tujuan dari teks argumentatif adalah untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan penulisnya. Teks argumentatif juga dapat digunakan sebagai landasan diskusi.

Baca juga: 7 Contoh Teks Laporan Pengendalian Tumbuhan Beserta Ciri-ciri Penulisannya

Struktur penulisan teks argumentatif adalah sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Seperti halnya menulis pada umumnya, ketika ingin menulis argumen, mulailah dengan pendahuluan. Pada bagian ini, Anda hanya perlu menuliskan penjelasan singkat tentang topik yang akan dibahas.

2. Inti argumen

Pada bagian ini Anda harus memasukkan pendapat Anda yang tentunya disertai dengan data dan fakta yang relevan. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan fakta dan data yang benar dari sumber terpercaya.

Baca Juga : 5 Contoh Full Text Laporan Penampakan Hewan Struktur Penulisannya

3. Kesimpulan

Pada bagian akhir, hanya boleh ditulis makna pendapat yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Ingatlah untuk menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas saat menulis.

Baca juga: 7 Contoh Naskah Protokol Upacara 17 Agustus yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Berikut 10 contoh teks argumentatif yang bisa Anda jadikan referensi: 1. Perkembangan AI

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi tantangan serius bagi masyarakat Indonesia. Kehadiran kecerdasan buatan atau AI menjadi salah satu dari sekian banyak alat yang ditawarkan internet untuk memudahkan kita melakukan segala hal sehari-hari. Namun masyarakat Indonesia memerlukan tindakan efektif untuk beradaptasi dengan perkembangan AI.

Perkembangan AI yang kurang optimal dapat menimbulkan beberapa dampak, antara lain maraknya kecurangan dan kecurangan dalam tugas. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan seperti workshop mengenai penggunaan AI yang baik dan benar. Selain itu, pemerintah mempunyai peran yang besar dalam mendukung program-program yang akan dicanangkan.

2. Berolahraga secara teratur

Satu hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga bukanlah seberapa keras Anda berolahraga, melainkan seberapa sering Anda berolahraga. Pasalnya, olahraga ringan yang rutin membuat tubuh terbiasa berolahraga dan tubuh menjadi sehat.

Jika Anda memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang benar, maka hasilnya akan berbeda. Sebab hal ini membuat badan semakin nyeri dan nyeri. Oleh karena itu, prioritas harus diberikan pada olahraga ringan secara teratur daripada olahraga intens.

3. Kemerdekaan

Kemerdekaan merupakan hak asasi setiap bangsa yang harus dilindungi dan dihormati. Suatu keadaan dimana suatu negara atau bangsa terbebas dari segala bentuk kolonialisme dan campur tangan asing.

Hak atas kemerdekaan membuka peluang bagi negara untuk memerintah sendiri sesuai keinginan rakyatnya, menciptakan sistem pemerintahan yang sesuai dengan nilai dan budaya lokal, serta berperan aktif dalam hubungan internasional.

Kemandirian merupakan landasan pembangunan suatu bangsa, sehingga memungkinkan masyarakat mengembangkan potensinya, berinovasi dan mencapai kemajuan serta kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, kemerdekaan merupakan modal berharga dalam mencapai cita-cita keadilan, perdamaian, dan kemajuan berkelanjutan.

4. Sampah

Permasalahan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah sampah karena tidak lagi terkendali. Di Indonesia, plastik merupakan salah satu dari sekian banyak hambatan yang berdampak besar. Harus ada langkah-langkah efektif untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

Sampah yang tidak terkendali menyebabkan banyak bencana seperti banjir, masyarakat masih banyak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, perlu diajarkan cara membuang sampah dan sampah yang benar agar tidak terjadi kesalahan. Jika masyarakat membuang sampah sembarangan, pemerintah harus mengambil tindakan tegas.

5. Pengelolaan Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo saat ini terancam karena adanya rencana pembangunan taman nasional premium di Pulau Komodo. Rencana tersebut mengancam beberapa aspek, mulai dari perekonomian dan pariwisata, konservasi, hingga cara hidup masyarakat. Badan konservasi Indonesia juga telah melakukan protes, dan UNESCO baru-baru ini memberikan tanggapannya. Jawaban ini diberikan UNESCO pada sidang Komite Warisan Dunia ke-44 di Tiongkok.

Dalam beberapa tahun terakhir, Taman Nasional Komodo terancam oleh pola pembangunan yang berdampak negatif terhadap konservasi. Tak hanya itu, rentetan kasus penyelundupan komodo dan daging rusa, serta pencurian terumbu karang, memperburuk kondisi dan ekosistem kawasan.

6. Bencana alam yang disebabkan oleh manusia

Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini. Hampir setiap hari kita mendapat berita tentang berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan dan bencana alam lainnya.

Kecelakaan ini merenggut banyak nyawa dan harta benda. Bencana alam “akibat manusia” yang sering terjadi saat ini adalah akibat dari gaya hidup ramah lingkungan sebagian besar masyarakat modern.

7. Lingkungan sekolah yang nyaman Kenyamanan siswa merupakan faktor penting dalam menunjang pembelajaran agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Kenyamanan di lingkungan sekolah merupakan faktor penting dalam pendidikan. Bahkan, beberapa kabupaten masih mempunyai fasilitas yang bisa dikatakan kurang nyaman dan mahasiswa harus membiasakan diri dengan keadaan tersebut.

Namun menjaga kebersihan lingkungan memberikan sesuatu yang baik dan menyenangkan. Seperti kata pepatah “Guru yang hebat menghasilkan siswa yang hebat”, selain kenyamanan di sekolah, guru juga penting.

8. Singkong sebagai pangan alternatif

Ketahanan pangan adalah keadaan mampu memenuhi kebutuhan pangan seluruh penduduk suatu negara atau wilayah. Ketahanan pangan lokal sangat penting untuk mencapai tujuan ini.

Singkong merupakan salah satu tanaman pangan lokal yang strategis di Indonesia. Tanaman singkong tumbuh subur di berbagai kondisi tanah, bahkan di daerah yang kurang subur atau kering.

Singkong merupakan sumber pangan lokal yang mempunyai potensi besar. Ketahanan pangan lokal, khususnya singkong, memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi masyarakat lokal di Indonesia.

9. Protokol kesehatan Covid-19

Jumlah orang yang terjangkit virus corona semakin meningkat di Indonesia. Lonjakan kasus tersebut membuat jumlah infeksi Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari satu juta. Kita harus lebih mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Protokol kesehatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona dan mengurangi jumlah kasus infeksi. Protokol kesehatan tersebut antara lain memakai masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini bukanlah suatu hal yang mudah, karena bukan merupakan sebuah kebiasaan bagi kita semua.

10. Manfaat ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia dan juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi karena rendah gula. Ubi jalar mengandung beberapa nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin B, dan antioksidan.

Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti jantung, diabetes, dan obesitas. Selain itu, ubi jalar memiliki manfaat lain antara lain menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi otak, mencegah darah tinggi, dan menurunkan kolesterol.

Oleh karena itu, dengan beragamnya manfaat ubi jalar, sebaiknya masyarakat Indonesia mulai memanfaatkan ubi jalar sebagai alternatif karbohidrat pengganti nasi. Selain kaya nutrisi, ubi jalar juga menurunkan risiko berbagai penyakit.

Anda mulai memahami teks buktinya, bukan? Jika strukturnya dilakukan dengan benar, maka menyusun teks bukti akan mudah. Ingin sekali ilmu!

MG/Jasmine Putri Kusuma

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours